Rabu, 22 November 2017

BERSEDEKAH PUN DICELA JUGA OLEH MUNAFIK



BERSEDEKAH PUN DICELA JUGA OLEH MUNAFIK

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh orang munafik memiliki paling tidak dua jenis lisan. Ketika bertemu dengan orang orang muslim mereka mengaku beriman. Kemudian tatkala berkumpul dengan teman temannya sesama munafik ataupun kafir mereka berkata : Kami bersama kamu. Allah berfirman : “Dan apabila mereka (orang munafik) berjumpa dengan orang beriman mereka berkata , kami telah beriman. Tetapi apabila mereka kembali kepada syaithan syaitan (para pemimpin) mereka, mereka berkata, sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok olok”. (Q.S al Baqarah 14).

Ketahuilah bahwa diantara sifat buruk mereka adalah suka mencela dan menghina orang beriman dimana pun bahkan sampai kapanpun. Sungguh Allah Ta’ala telah menjelaskan dalam firman-Nya : “(Orang munafik) yaitu mereka yang mencela orang orang beriman yang memberikan sedekah dengan sukarela dan yang hanya memperoleh (untuk disedekahkan) sekadar kesanggupannya, maka orang munafik itu menghina mereka”. (Q.S at Taubah 79).

Syaikh  as Sa’di berkata : Ini juga termasuk keburukan orang munafik, semoga Allah menimpakan keburukan pula kepada mereka. Orang munafik tidak membiarkan perkara apapun dalam Islam dan kaum muslimin yang mungkin mereka bicarakan kecuali mereka membicarakannya dan mencelanya dengan landasan kezhaliman dan kedengkian.

Ketika Allah dan Rasul-Nya mengajak bersedekah, kaum muslimin bersegera melakukannya. Mereka memberikan hartanya masing masing sesuai dengan kemampuannya. Maka orang munafik itu mencela orang mukmin yang bersedekah dalam jumlah banyak dengan  mengatakan bahwa maksudnya (bersedekah) adalah riya’ dan sum’ah.
Sementara kepada yang bersedekah sedikit, mereka mereka mengatakan bahwa Allah tidak memerlukan sedekah ini. (Tafsir Taisir Karimkir Rahman).


Sungguh Rasulullah juga menjelaskan tentang celaan orang munafik kepada orang orang beriman ketika mereka bersedekah. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari sahabat Ibnu Mas’ud, beliau berkata : Tatkala turun ayat yang memerintahkan untuk bersedekah maka ada diantara kami memanggul hartanya diatas punggungnya. Ada seorang laki laki membawa harta yang banyak lalu disedekahkan. Namun mereka (orang orang munafik) berkata : Ini amalan riya’. Dan datang seorang untuk bersedekah dengan hanya satu sha’ maka mereka mengatakan : Sungguh Allah Ta’ala tidak butuh dengan sedekah yang sedikit ini

Itulah salah satu sifat buruk orang munafik yaitu suka mencela bahkan menghina orang yang beriman.  Sampai sampai orang beriman yang  bersedekah pun tak luput dari celaan dan hinaan mereka. Na’udzubillah.
Wallahu A’lam. (1.170)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar