Kamis, 01 Desember 2016

RUKU' DAN SUJUD MENGGUGURKAN DOSA



RUKU’ DAN SUJUD MENGGUGURKAN DOSA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Ruku’ dan sujud adalah rukun shalat. Jika seseorang tidak melakukan ruku’ dan sujud dalam shalat maka shalatnya tidak sah, kecuali ada ‘udzur syar’i. Dan juga pengecualian untuk shalat jenazah karena memang tidak ada ruku’ dan sujudnya.
Seorang hamba yang shalih tentulah akan berusaha membaguskan shalatnya. Dia berusaha memperlama berdirinya dan memperpanjang ruku’nya. Dan juga dia senang memperpanjang sujudnya sehingga memiliki kesempatan yang banyak untuk berdoa ketika sujud. 

Ketahuilah bahwa ruku’ dan sujud bukan hanya sekedar rukun shalat tetapi lebih dari itu ruku’ dan sujud seorang hamba menjadi sebab berguguran dosa dosanya.

Suatu ketika, Ibnu Umar radhiallahu 'anhu melihat seorang pemuda yang memanjangan dan memperbagus shalatnya. Lalu Ibnu Umar berkata : Siapakah di antara kalian yang mengenal orang ini ?. Seorang laki-laki menjawab : Aku mengenal  orang itu.

Kemudian Ibnu Umar berkata :  Seandainya aku tahu siapa dia, niscaya aku suruh dia agar lebih memperpanjang ruku' dan sujudnya. Karena aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Sesungguhnya seorang hamba apabila berdiri untuk mengerjakan shalat, akan  didatangkan semua dosa dosanya lalu diletakkan di atas kedua pundaknya. Setiap kali ia ruku' atau sujud, maka berjatuhanlah dosa-dosanya." (Lihat ash Shahihah nomor 1398)

Oleh karena itu jagalah semua shalat  yang Allah Ta’ala wajibkan kepada kita.   Selain itu jangan pernah melalaikan apalagi mengabaikan shalat sunnah. Dengan demikian kita mendapat kesempatan yang banyak  untuk melakukan rukuk dan sujud. Semoga Allah Ta’ala menghapuskan dosa dosa kita melalui ruku’ dan sujud kita kepada-Nya.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (883)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar