Rabu, 28 Oktober 2020

ORANG BERIMAN SELALU BERSIAP MENGHADAPI MUSUH ISLAM

 

ORANG BERIMAN SELALU BERSIAP MENGHADAPI MUSUH ISLAM

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Setiap saat musuh musuh Islam  berusaha merongrong dan ingin merusak agama Islam dan umatnya dengan berbagai cara dan tipu daya.   Oleh karena itu hamba hamba Allah hendaklah selalu bersiap menghadapi mereka. Persiapkan dan lakukan segala sesuatu  yang bermanfaat untuk membela agama ini.  

Diantaranya adalah berjihad dengan harta, jiwa, perkataan, tulisan serta propaganda dan  termasuk pula belajar ilmu syar’i dan ilmu ilmu lainnya yang bermanfaat bagi kaum muslimin. Semua adalah  dengan IKHLAS UNTUK MENOLONG AGAMA ALLAH.

Nah, ketika hamba hamba Allah berjuang menolong agamanya maka tak perlu  ada ketakutan dan keraguan sedikitpun. Kenapa ?, karena sesungguhnya Allah Ta’ala telah berjanji untuk menolong  orang yang menolong agama-Nya  yaitu sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya : 

وَلَيَنْصُرَنَّ اللَّهُ مَنْ يَنْصُرُهُ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَقَوِيٌّ عَزِيزٌ

Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha kuat lagi Maha perkasa. (Q.S  al Hajj  40).

Syaikh as Sa’di berkata : “Sesungguhnya Allah pasti menolong” , yaitu (pertolongan) kepada orang orang yang melakukan pembelaan terhadap agama-Nya dengan ikhlas kepada-Nya dalam pelaksanaannya, BERJUANG DI JALAN-NYA AGAR KALIMATULLAH-LAH yang paling tinggi. (Tafsir Taisir Karimir Rahman)

Selain itu Allah Ta’ala berjanji akan menolong dan meneguhkan kedudukan orang yang beriman yang senantiasa berusaha menolong (agama) Allah. Allah Ta’ala berfirman : 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

Wahai orang orang yang beriman !. Jika kamu menolong (agama) Allah niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.   (Q.S Muhammad 7).

Syaikh as Sa’di berkata : Ini adalah perintah Allah Ta’ala kepada orang orang yang beriman agar mereka menolong dan membela Allah Ta’ala dengan menegakkan agama-Nya. Menyeru manusia kepada-nya SERTA BERJIHAD MELAWAN MUSUH MUSUH-NYA yang dilakukan dengan tujuan untuk mencari ridha Allah.

Jika mereka melakukan hal itu maka Allah Ta’ala akan memberikan pertolongan pada mereka dengan meneguhkan kedudukan mereka. Artinya hati mereka diberi kesabaran, ketenangan  serta keteguhan dan membuat mereka bersabar menghadapi semua itu. Dan Allah memberikan pertolongan untuk MENGALAHKAN MUSUH MUSUH MEREKA. (Tafsir Taisir Karimir Rahman)

Oleh karena itu hamba hamba Allah haruslah selalu menolong agama Allah dan sungguh Allah Ta’ala akan menolong menghadapi musuh musuhnya di segala zaman. Allah Ta’ala berfirman :

وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Mereka berkata : Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik baik Pelindung. (Q.S Ali Imran 173)

Insya Allah ada manfaatnya bagi ita semua. Wallahu A’lam. (2.112)   

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar