Sabtu, 10 Oktober 2020

BERSUJUD DALAM SHALAT MENDATANGKAN BANYAK KEBAIKAN

 

BERSUJUD DALAM SHALAT MENDATANGKAN BANYAK KEBAIKAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sujud adalah salah satu rukun shalat. Ketika seseorang tidak bersujud dalam shalatnya maka shalatnya tidak sah kecuali dalam shalat jenazah yang memang tak boleh bersujud.

Bahwa bersujud dalam shalat, disamping sebagai rukun shalat yang wajib untuk dilakukan, sungguh sangat banyak pula kebaikan dan keutamaannya. Oleh karena itu seseorang yang sujud JANGAN TERBURU BURU UNTUK BANGKIT DARI SUJUDNYA. Jangan mengabaikan tuma’ninah ketika sujud.

Ketahuilah, diantara keutamaan dan kebaikan sujud dalam shalat adalah :

Pertama : Dosa dosa berjatuhan ketika sujud. 

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

إن العبد إذا قام للصلاة أتي بذنوبه كلها فوضعت على عاتقيه، فكلما ركع أوسجد تساقطت عنه

Sungguh, jika seorang hamba berdiri untuk shalat, maka semua dosanya didatangkan, dan diletakkan di atas pundaknya. Maka setiap kali dia ruku’ dan sujud, maka berjatuhanlah dosa-dosa tersebut darinya. (Lihat Silsilah al Hadits ash Shahihah no 1398).

Kedua : Mengangkat derajat dan menghapus dosa.

Ketahuilah bahwa sujud dalam shalat dapat meninggikan derajat seorang hamba. Ma'dan bin abi Thalhah al Ya'muri rahimahullah menceritakan :

لَقِيتُ ثَوْبَانَ مَوْلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقُلْتُ لَهُ: حَدِّثْنِي بِحَدِيثٍ عَسَى اللَّهُ أَنْ يَنْفَعَنِي بِهِ، فَقَالَ: عَلَيْكَ بِالسُّجُودِ، فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: مَا مِنْ عَبْدٍ يَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً، إِلَّا رَفَعَ اللَّهُ لَهُ بِهَا دَرَجَةً، وَحَطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةً

Aku pernah menjumpai Tsauban radhiallahu 'anhu, seorang bekas pelayan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Aku berkata kepadanya : Ceritakan padaku suatu hadits yang mudah-mudahan Allah akan memberikan manfaatnya kepadaku dengan hadits tersebut. Tsauban  menjawab : Hendaklah engkau (bersungguh-sungguh memperbanyak) sujud, karena aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : Tidaklah seorang hambapun yang bersujud kepada Allah dengan sekali sujud, melainkan Allah akan mengangkatnya beberapa derajat dan menghapuskan beberapa dosa. (H.R Ibnu Hibban, Nasa’i, Ibnu Majah Imam Ahmad, Ibnu Khuzaimah,  Abu Nu’aim dan al Baihaqi.

Ketiga : Salah satu cara untuk bisa bersama Rasulullah di surga.

Dalam satu hadits dari Rabi’ah bin Ka’ab al Aslami, disebutkan bahwa dia berkata :

كُنْتُ أَبِيتُ مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَأَتَيْتُهُ بِوَضُوئِهِ وَحَاجَتِهِ ، فَقَالَ لِي : سَلْ ، فَقُلْتُ : أَسْأَلُكَ مُرَافَقَتَكَ فِي الْجَنَّةِ ، قَالَ : أَوْ غَيْرَ ذَلِكَ ، قُلْتُ : هُوَ ذَاكَ ، قَالَ : فَأَعِنِّي عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ  

Aku pernah bermalam bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu aku menyiapkan air wudhu dan keperluan beliau. Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadaku : Mintalah sesuatu !. Maka akupun menjawab : Aku meminta kepada engkau agar memberi petunjuk kepadaku tentang sebab-sebab agar aku bisa menemani engkau di Surga.

Beliau menjawab : Ada lagi selain itu ?. Itu saja cukup ya Rasulullah, jawabku. Maka Rasulullah bersabda : Jika demikian, bantulah aku atas dirimu (untuk mewujudkan permintaanmu) dengan MEMPERBANYAK SUJUD. (H.R Imam Muslim).

Imam an Nawawi berkata : Didalamnya (hadits ini) terdapat dorongan untuk memperbanyak sujud. Dan yang dimaksud dengan sujud di sini adalah SUJUD DALAM SHALAT. (Syarah Shahih Muslim).

Keempat : Dekat dengan Allah Ta’ala dan kesempatan berdoa.

Ketahuilah bahwa  ketika seorang hamba berada dalam posisi sujud pada waktu shalat maka itulah salah satu saat dekatnya dia dengan Allah Ta’ala. Dan itulah saat dianjurkan untuk banyak berdoa. Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

Sedekat dekatnya seorang hamba dari Rabbnya adalah ketika dia sedang sujud, maka perbanyaklah doa. (H.R Imam Muslim, dari Abu Hurairah).

 

Oleh karena itu hamba hamba Allah hendaklah MENJAGA DENGAN SUNGGUH SHALAT FARDHU dan memperbanyak SHALAT SUNNAH sehingga banyak kesempatan untuk bersujud. Dengan demikian akan diperoleh banyak keutamaan dan kebaikan dengan bersujud. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Walahu A’lam. (2.098)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar