Rabu, 21 Oktober 2020

DAPAT NAUNGAN DENGAN MENYEMBUNYIKAN SEDEKAH

 

DAPAT NAUNGAN DENGAN MENEMBUNYIKAN SEDEKAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sedekah berupa harta adalah ibadah yang sangat dianjurkan. Ini sangat bermanfaat jika diberikan kepada orang orang yang membutuhkan diantaranya untuk membeli makanan dan kebutuhan pokok  bagi diri dan keluarganya.

Saudaraku, sebenarnya manfaat paling besar dari sedekah akan dinikmati oleh pemberi sedekah. Diantaranya adalah sebagai penghapus dosa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

الصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ وَالْحَسَدُ يَأْكُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَأْكُلُ النَّارُ الْحَطَبَ

Sedekah itu akan memadamkan dosa sebagaimana air dapat memadamkan api. Hasad akan memakan kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar. (H.R al Baihaqi, Syu’abul Iman).

Orang yang bersedekah juga akan mendapat ganti berlipat ganda dari Allah Ta’ala, sebagaimana firman-Nya :

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Mahaluas dan Maha Mengetahui.(Q.S al Baqarah 261)

Selain itu, ketahuilah bahwa sedekah yang disembunyikan ternyata lebih utama dari sedekah yang ditampakkan. Allah Ta’ala berfirman :

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Jika kamu menampakkan sedekah sedekahmu  maka ITU BAIK. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang orang fakir,   maka ITU LEBIH BAIK BAGIMU. Dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan kesalahanmu. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan. (Q.S al Baqarah 271).

Syaikh as Sa’di berkata : Allah Ta’ala mengabarkan bahwa sedekah yang ditampakkan oleh orang yang bersedekah  itu adalah baik. Dan bila menyembunyikannya dan menyerahkannya kepada orang fakir adalah kebaikan lain dan JUGA ITU MENUNJUKKAN KUATNYA KEIKHLASAN. (Tafsir Taisir Karimir Rahman)  

Satu perkara yang penting dalam sedekah adalah bahwa naungan Allah Ta’ala akan mendatangi seseorang yang bersedekah dengan sembunyi, yaitu sebagaimana  dalam potongan dari satu hadits yang panjang, disebutkan bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْنُهُ ،   ….

……seseorang yang bersedakah dengan satu sedakah lalu IA MENYEMBUNYIKANNYA sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfaqkan tangan kanannya …. (H.R Imam Bukhari, Imam Muslim dan juga yang selainnya).

Oleh sebab itu maka orang orang beriman hendaklah berusaha memberi sedekah kepada yang membutuhkan. Sungguh sedekah yang disembunyikan lebih baik dari yang ditampakkan karena lebih mudah untuk menjaga keikhlasannya. Dan Allah Ta’ala akan memberikan naungan di hari Kiamat kelak kepada hamba-Nya yang berusaha menyembunyikan sedekahnya.  

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.106)

 



 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar