Kamis, 08 Juni 2017

BERWUDHU DI RUMAH SEBELUM KE MASJID



BERWUDHU DI RUMAH SEBELUM KE MASJID

Oleh : Azwir B. Chaniago

Pembahasan dalam tulisan ini kelihatan sangat sederhana. Tetapi judulnya mungkin mendatangkan pertanyaan : Kenapa disuruh berwudhu di rumah sebelum berangkat ke masjid   untuk melaksanakan shalat ?. Bukankah berwudhu boleh dimana tempat ?.

Iya benar. Dimanapun kita boleh berwudhu. Apakah di rumah, di rumah saudara atau kerabat ataupun di masjid. Bahkan kita mengetahui bahwa semua masjid pastilah menyediakan tempat wudhu yang banyak, nyaman dan air yang cukup untuk melayani jamaah yang akan berwudhu di masjid.

Ketahuilah bahwa ternyata dalam banyak hadits Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan tentang anjuran berwudhu di rumah. Diantaranya adalah beberapa hadits berikut ini :

Pertama : Rasulullah bersabda : “Jika salah seorang dari berwudhu, dia berwudhu dengan baik dan benar. Kemudian dia keluar menuju masjid maka dia tidak mengangkat kaki kanannya (untuk melangkah) kecuali Allah Ta’ala menuliskan satu kebaikan untuknya dan dia tidak menurunkan kaki kirinya kecuali Allah menghapus satu dosa darinya. (H.R Abu Daud no. 563)

Kedua : Dari bu Hurairah, Rasulullah bersabda : Barangsiapa  bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu rumah Allah untuk menunaikan salah satu shalat fardhu yang Allah wajibkan maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan kesalahan dan langkah kaki yang lainnya meninggikan derajat”. (H.R Imam Muslim no. 666).

Ketiga : Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda : “Jika salah seorang diantara kalian telah berwudhu di rumahnya lalu dia berangkat menuju masjid maka dia berada dalam (kebaikan) shalat sampai dia pulang. Maka janganlah dia melakukan begini ! lalu beliau menjalin jari jemarinya. (H.R at Tirmidzi).

Keempat : “Barangsiapa berwudhu’ dengan baik dan benar, kemudian dia berangkat (menuju shalat berjamaah) namun dia mendapatkan orang orang sudah selesai menunaikan shalat maka Allah Ta’ala memberinya pahala orang yang ikut dan menghadiri shalat berjamaah tersebut. Ini tanpa mengurangi pahala orang orang yang ikut dalam jamaah tersebut. (H.R Abu Dawud, dishahihkan oleh Syaikh al Albani)

Secara zhahir  tampak bahwa hadits hadits diatas menunjukkan keutamaan berwudhu di rumah sebelum berangkat ke masjid untuk shalat. Oleh karena itu, kalau tidak ada udzur, mari kita amalkan sunnah ini sebagai salah satu bukti ittiba’ kita kepada Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam.
Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.054).  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar