Sabtu, 22 April 2023

DOSA DIAMPUNI DAN MURKA ALLAH REDA DENGAN SEDEKAH

 

DOSA DIAMPUNI DAN MURKA ALLAH REDA DENGAN SEDEKAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Ketika memberi sedekah atau infak untuk orang yang membutuhkan maka umumnya yang bersedekah merasa bahwa sedekahnya SANGAT BERMANFAAT BAGI YANG MENERIMA. Dengan sedekah atau infak yang diterima berupa harta maka orang orang yang berkekurangan bisa memenuhi kebutuhan hidup diri dan keluarganya. Bahkan mereka bisa terhindar dari keburukan mencari dan mengambil harta dari sumber yang haram.

Tetapi ketahuilah bahwa MANFAAT TERBESAR DAN SANGAT BANYAK BAHKAN DI DUNIA DI AKHIRAT  dari sedekah atau infak yang dikeluarkan seorang hamba adalah untuk dirinya sendiri. Sungguh sedekah yang diberikannya itu adalah BUKTI IMAN YANG NYATA. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

بُرْهَانٌ ...  الصَّدَ قَةُ

Sedekah itu adalah bukti (iman) yang nyata. (H.R Imam Muslim).

Sungguh, diantara keutamaan dan kebaikan dari sedekah  bagi seorang hamba yang mengeluarkannya adalah :

Pertama : Mendapat ampunan dan pahala yang besar.

وَٱلْمُتَصَدِّقِينَ وَٱلْمُتَصَدِّقَٰتِ وَٱلصَّٰٓئِمِينَ وَٱلصَّٰٓئِمَٰتِ وَٱلْحَٰفِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَٱلْحَٰفِظَٰتِ وَٱلذَّٰكِرِينَ ٱللَّهَ كَثِيرًا وَٱلذَّٰكِرَٰتِ أَعَدَّ ٱللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

… laki laki dan perempuan YANG BERSEDEKAH, laki laki dan perempuan  yang berpuasa, laki laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan UNTUK MEREKA AMPUNAN dan pahala yang besar. (Q.S al Ahzab 35).

Kedua : Meredakan murka Allah Ta'ala.

Ketahuilah bahwa Allah Ta’ala  banyak memaafkan hamba hamba-Nya. Tetapi barangkali dosa kita terlampau banyak sehingga membuat Allah Ta’ala  murka. Salah satu cara untuk memadamkan murka Allah yang merupakan bencana bagi kita adalah dengan menetapi sedekah. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

 

إن صَدَقَةُ السِّرِّ تُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ

Sesungguhnya sedekah yang dikeluarkan secara diam diam dapat memadamkan kemarahan Allah subhanahu wa ta’ala. H.R ath Thabrani).

Oleh karena itu ketika seseorang hamba  jatuh atau tergelincir kepada suatu perbuatan buruk maka bersegeralah memohon dan bersedekahlah sebelum datang murka Allah Ta'ala.   

Selain itu, wahai hamba hamba Allah !. Bersedekahlah dalam setiap waktu dan dalam keadaan sempit atau lapang. Itulah salah satu tanda orang yang bertakwa. Allah Ta'ala berfirman :

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

(Orang yang bertakwa adalah) orang yang menafkahkan hartanya dalam  KEADAAN LAPANG ATAU DALAM KEADAAN SEMPIT, menahan amarahnya dan suka memaafkan kesalahan manusia. Dan Allah menyukai orang orang yang berbuat baik. (Q.S Ali Imran 134).

Wallahu A'lam. (2.983).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar