Rabu, 26 April 2023

ALLAH TA'ALA MENCINTAI HAMBA-NYA YANG BERTAUBAT

 

ALLAH TA'ALA MENCINTAI HAMBA-NYA YANG BERTAUBAT

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh di zaman ini kita menyaksikan banyak orang yang tergelincir kepada maksiat dan dosa bahkan dosa dosa besar. Memang demikianlah keadaannya. Rasulullah menjelaskan perkara ini dalam sabda beliau :

وَعَنْ أَنَسٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم : “كُلُّ بَنِيْ آدَمَ خَطَّاءٌ، وَخَيْرُ الْخَطَّائِيْنَ التَّوَّابُوْنَ

Dari Anas radhiallahu’anhu, beliau berkata, Rasulullah bersabda : Semua anak Adam senantiasa berbuat kesalahan dan sebaik-baik orang yang berbuat kesalahan adalah mereka yang bertaubat. (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Lalu Allah Ta'ala memerintahkan untuk bertaubat agar orang beriman yang tergelincir kepada dosa menjadi orang beruntung karena taubatnya dan agar  selamat di dunia dan di akhirat kelak. Allah Ta'ala berfirman :

وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعاً أَيُّهَا المُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Bertaubatlah kalian semuanya, wahai orang-orang yang beriman, agar kalian beruntung. (Q.S an Nur 31).

Syaikh as Sa'di brkata : (Bertaubatlah kalian semuanya), sehingga tidak ada jalan menunju keberuntungan KECUALI DENGAN BERTAUBAT yaitu meninggalkan  hal hal  yang dibenci oleh Allah Ta'ala baik lahir maupun bathin menuju perkara perkara yang DIA CINTAI. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Sungguh ALLAH TA'ALA MENCINTAI hamba hamba yang bertaubat sebanyak apapun dosa yang telah diperbuatnya sebagaimana firman-Nya :  

إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلتَّوَّٰبِينَ

Allah mencintai orang-orang yang bertaubat. (Q.S al Baqarah 222).Dan ketika seseorang bertaubat dari dosa dosanya maka menjadilah dia seperti orang tak berdosa. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  bersabda :

التَّائِبُ مِنَ الذَّنْبِ كَمَنْ لاَ ذَنْبَ لَهُ

Seorang yang telah bertaubat adalah seumpama orang yang tidak berdosa. (Lihat Shahih al Jami’ ash Shaghir, Syaikh al Albani) 

Selain itu, ketahuilah bahwa orang orang bertaubat didoakan kebaikan dan keselamatan oleh malaikat pemikul 'Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya. Mereka  berdoa untuk orang beriman, yang selalu bertaubat dan yang selalu kembali ke jalan kebenaran. Allah Ta’ala berfirman :

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ

رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدْتَهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

وَقِهِمُ السَّيِّئَاتِ ۚ وَمَنْ تَقِ السَّيِّئَاتِ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمْتَهُ ۚ وَذَٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

(Malaikat malaikat) yang memikul ‘Arsy dan (malaikat) yang berada di sekelilingnya  bertasbih dengan memuji Rabb-nya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohonkan ampunan untuk orang orang yang beriman (seraya berkata) : Ya Rabb kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu. Maka berilah ampunan kepada orang orang yang bertaubat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari adzab neraka.

Ya Rabb kami, masukkanlah mereka ke dalam surga ‘And yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang orang shalih  di antara nenek moyang mereka, istri istri  dan keturunan mereka. Sungguh Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

Dan peliharalah mereka dari (bencana) kejahatan. Dan orang orang yang Engkau pelihara dari (bencana) kejahatan pada hari itu. Maka sungguh Engkau telah menganugerahkan rahmat kepadanya dan dan demikian itulah kemenangan yang agung. (Q.S al Mukmin 7-9).

Wallahu A'lam. (2.986)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar