Kamis, 02 Juli 2015

MENAMBAH TIMBANGAN AMAL



MENAMBAH TIMBANGAN AMAL

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh dunia ini bagi orang yang beriman  adalah ladang tempat menanam berbagai kebaikan untuk bekal yang akan dibawa ke negeri akhirat yang abadi. Ketahuilah bahwa yang paling utama dalam menentukan nasib manusia diakhirat kelak apakah beruntung atau rugi adalah dengan melihat timbangan amalnya.

Allah berfirman : “Walwaznu yaumaizinil haqqu, faman tsakulat mawaazinuhuu fa ulaaika humul muflihuun. Waman khaffat mawaazinuhuu fa ulaaikal ladziina khasiruu anfusahum bimaa kaanuu bi aayaatinaa yazhlimuun”.  Timbangan pada hari itu (menjadi ukuran) kebenaran. Maka barangsiapa berat timbangan (kebaikan) nya, mereka itulah orang yang beruntung. Dan barangsiapa ringan timbangan (kebaikan nya maka mereka itulah orang yang telah merugikan dirinya sendiri, karena mereka mengingkari ayat ayat Kami. (Q.S al A’raaf 8-9).

Ketahuilah bahwa yang akan memberatkan timbangan amal bukan hanya amalan amalan besar yang fardhu dan utama.  Amalan amalan yang sunnah dan terkadang kelihatan ringan juga pasti akan menjadi tambahan untuk memberatkan timbangan amal seorang hamba kelak di akhirat. Oleh karena itu seorang hamba yang cerdas tidaklah akan mengabaikan amalan amalan sunnah yang terkadang kelihatan sederhana dimata manusia tapi bisa jadi besar disisi Allah Ta’ala. 

Pada suatu kali Rasulullah bertanya kepada sahabat dengan sabda beliau : “Apakah seseorang diantara kalian merasa tidak mampu mengerjakan seribu kebaikan (pahala) dalam satu hari”.
Lalu ada yang bertanya : Bagaimana ya Rasulullah, seorang diantara kami bisa melakukan seribu kebaikan. Beliau bersabda : “Yusabbihu miata tasbihatin tuktabu lahu alfu hasanatin au yuhaththu ‘anhu alfu khathiiatin.” Bertasbihlah (dengan membaca Subhanallah wa bihamdih, pen.) seratus kali maka akan ditulis baginya seribu kebaikan atau dihapus darinya seribu kesalahan. (Lihat Silsilah Hadits Shahih, Syaikh al Albani).

Oleh karena itu sangatlah dianjurkan untuk melakukan amalan amalan sunnah yang terkadang kelihatannya sederhana tapi bisa bernilai besar disisi Allah Ta’ala.
Mungkin ada yang berkata bahwa amalan amalan sunnah kalau tidak dikerjakan tidaklah kita akan berdosa. Ya benar, begitulah keterangan dalam kitab fiqih. Tetapi ketahuilah bahwa amalan sunnah yang tidak dikerjakan pastilah akan mendatangkan penyesalan dan kerugian di akhirat kelak.

Wallahu A’lam. (354)
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar