Kamis, 02 Juli 2015

HIKMAH ADANYA MALAIKAT



HIKMAH ADANYA MALAIKAT

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Allah Subhanahu wa Ta’ala memiliki malaikat yang banyak. Setiap malaikat mendapat dan memiliki tugas sesuai yang diperintahkan Allah kepada mereka.
Salah satu tugas mereka adalah mengawasi manusia dan juga ada diantaranya yang bertugas mencatat amal atau perbuatan manusia.

Allah berfirman : “Wa inna ‘alaikum lahaafizhiin. Kiraaman kaatibiin. Dan sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu). Yang mulia (di sisi Allah) dan yang mencatat (perbuatanmu). (Q.S Infithaar 10-12)

Allah berfirman : “Lahuu mu’aqqibatun min baini yadaihi wa min khalfihii yahfazhuunahuu min amrillah”. Baginya (manusia) ada malaikat malaikat yang selalu menjaganya bergiliran dari depan dan dari belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. (Q.S ar Ra’du 11)

Allah berfirman : “Maa yalfizhu min qaulin illaa ladaihi raqiibun ‘atiid”. Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat). Q.S Qaaf 18.

Sungguh Allah Ta’ala adalah  Mahamengetahui dan Mahakuasa terhadap segala sesuatu. Hal ini dijelaskan dalam ayat yang sangat banyak, diantaranya adalah :
Allah berfirman : “Qul in tukhfuu maa fii shuduurikum au tubduuhu ya’lamhullahu, wa ya’lamu maa fis samaawaati wa maa fil ardhi, wallahu ‘ala kulli syai-in qadiir”. Katakanlah : Jika kamu sembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu nyatakan, Allah pasti mengetahuinya. Dia mengetahui apa yang ada di langit dan apa  yang ada di bumi. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu. (Q.S Ali Imran 29).

Lalu barangkali ada yang bertanya, apa hikmah diciptakannya malaikat dengan tugas tugas tertentu pada hal Allah Ta’ala Mahamengetahui dan Mahakuasa.

Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin memberikan penjelasan tentang hikmah penciptaan malaikat yang mencatat amal dan perkataan manusia yaitu :

Pertama : Sebagai penjelasan bahwa Allah mengatur segala sesuatu, menentukan, memantapkannya dengan kuat, sehingga Allah menjadikan malaikat pencatat amal dan ucapan manusia. Pada hal Allah Mengetahui perbuatan mereka sebelum mereka melakukan.

Kedua : Semua ini merupakan penjelasan kesempurnaan perhatian dan pemeliharaan Allah terhadap manusia. Dan sesungguhnya alam ini diatur sebaik baiknya, dikokohkan dengan sekokoh kokohnya. Allah Mahamengetahui dan Mahabijaksana.

Beliau menambahkan bahwa dalam banyak perkara (di alam ini) terkadang kita menemukan hikmahnya. Tetapi sangatlah banyak perkara yang tidak kita ketahui hikmahnya.  

Wallahu A’lam.  (355)      

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar