Minggu, 21 April 2024

DUA DIANTARA SIFAT MANUSIA TERBAIK

 

DUA DIANTARA SIFAT MANUSIA TERBAIK

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, orang orang beriman selalu berusaha menjadi manusia terbaik yang selalu mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala dalam setiap keadaanya. Dengan demikian ada jalan baginya untuk selamat hidup di dunia dan Kembali ke negeri akhirat dengan selamat pula.

 Lalu adakah sifat sifat yang harus dimiliki oleh orang orang beriman yang ingin menjadi manusia terbaik ?. Ada, dua  diantaranya adalah :

Pertama : Belajar dan mengajarkan al Qur an.

Sungguh, beruntung hamba hamba Allah yang selalu belajar dan mengajarkan al Qur an karena  akan mengangkat dirinya menjadi manusia terbaik. Dari Usman bin Affan Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  bersabda :  

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Sebaik baik kalian adalah yang belajar al Qur an dan mengajarkannya (H.R Imam Bukhari).

Tentang hadits ini, Imam Ibnu Hajar Ashqalani  berkata : Tidak diragukan lagi bahwa orang yang bisa menggabungkan antara belajar dan mempelajari al Qur an adalah orang yang sempurna bagi dirinya dan bagi orang lain, yaitu orang yang mampu mengumpulkan yang manfaat  yang sedikit dan yang banyak.

Kedua : Yang paling takwa dan paling banyak ilmunya tentang al Qur an.

Diantara sifat manusia terbaik adalah juga yang paling bertakwa dan juga paling banyak ilmunya tentang  al Qur an. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  bersabda : “Manusia terbaik adalah yang paling banyak bacaan dan ilmu Qur’annya, paling bertaqwa dan paling suka beramar ma’ruf nahi munkar serta paling rajin menyambung silaturahim.” (H.R Imam  Ahmad).

Bahkan sungguh Allah Ta’ala menyebutkan bahwa orang yang paling takwa adalah orang paling mulia di sisi Allah Ta’ala, sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya :  

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Sesungguhnya yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. (Q.S al Hujurat 13).

Oleh karena itu hamba hamba Allah hendaklah selalu bersegera belajar ilmu terutama ilmu tentang al Qur an. Ketahuilah bahwa Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam menjelaskan dalam sabda beliau tentang hakikat dunia adalah terlaknat. Salah satunya yang dikecualikan adalah orang yang ORANG BERILMU DAN YANG BELAJAR ILMU :    

 

أَلَا إِنَّ الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ مَلْعُونٌ مَا فِيهَا إِلا ذكرُ الله وَمَا وَالَاهُ وَعَالِمٌ أَوْ مُتَعَلِّمٌ

Ketahuilah sesungguhnya dunia itu terlaknat, terlaknat apa saja yang ada didalamnya kecuali dzikir kepada Allah, amalan yang mendekatkan kepada Allah, orang yang berilmu atau orang yang belajar  ilmu. (H.R. At Tirmidzi dan Ibnu Majah. dihasankan oleh Syaikh al Albani dalam dalam Misykah al Mashabih)

Wallahu A'lam. (3.276).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar