Senin, 19 Maret 2018

DAPATKAN PAHALA KETIKA TERBANGUN MALAM HARI


DAPATKAN PAHALA KETIKA TERBANGUN MALAM HARI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Ketika tidur di malam hari, hampir semua orang pernah terbangun karena berbagai sebab. Ada yang bangun di malam hari karena sudah menjadi niat dan kebiasaannya yaitu di sepertiga malam terakhir untuk shalat lail. Ini sangatlah terpuji. 

Ketahuilah bahwa shalat lail adalah kebiasaan orang orang shalih dan merupakan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu. Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (H.R Imam Muslim, dari Abu Hurairah)

Selain itu banyak pula diantara kita yang terbangun di malam hari karena sesuatu hal seperti : (1) Terbangun karena ada suara berisik di sekitar rumah seperti kentongan petugas keamanan lingkungan. (2) Terbangun setelah bermimpi. (3) Terbangun karena ingin buang air kecil dan lainnya.

Ketahuilah bahwa jika seorang hamba terbangun dimalam hari sangatlah dianjurkan untuk mengambil manfaat berupa pahala dan ampunan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Caranya adalah sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa sallam dalam sabda beliau : 

عن عبادة بن الصامت قال : يقول صلى الله عليه وسلم:
من تَعَارَّ من الليلِ فقال : لا إلهَ إلَّا اللهُ وحدَهُ لا شريكَ لهُ ،لهُ المُلْكُ ولهُ الحمدُ ، وهوَ على كلِّ شيٍء قديرٌ ، سبحانَ اللهِ ،والحمد لله, ولا إلهَ إلَّا اللهُ ، واللهُ أكبرُ ، ولا حولَ ولا قوةَ إلا باللهِ ، ثم قال : اللهمَّ اغفرْ لي ، أو دعا ، استُجِيبَ لهُ ، فإن توضَّأَ وصلَّى قُبِلَتْ (رواه البخاري) 

Dari 'Ubadah bin Shamit berkata, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang terbangun di malam hari, Lalu (dia) mengucapkan :

LAA ILAAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIIKA LAH, LAHUL MULKU WA LAHUL HAMDU WA HUWA 'ALA KULLI SYAI'IN QADIIR,
SUBHANALLAH, WALHAMDULILLAHWA LAA ILAAHA ILLALLAH  ALLAHU AKBAR
WA LAA HAWLA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAH.
Kemudian berdoa  :  ALLAHUMAGHFIRLII  (Ya Allah ampunillah aku) atau dia berdoa, maka doanya dikabulkan.Jika ia berwudhu dan sholat, maka diterima shalatnya. (H.R Imam Bukhari)

Oleh karena itu seorang beriman sangatlah dianjurkan untuk membaca doa atau dzikir ini ketika terbangun dimalam hari maka doanya dikabulkan. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua.

Wallahu A’lam. (1.250).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar