Senin, 08 Agustus 2016

30 AYAT PEMBERI SYAFAAT DI AKHIRAT



30 AYAT PEMBERI SYAFAAT DI AKHIRAT
Oleh : Azwir B. Chaniago
Setiap ayat ataupun surat dalam al Qur-anul Kariim memiliki keutamaan yang agung karena ayat ayat al Qur-an itu adalah Kalamullah. Namun demikian tidaklah semua keutamaannya kita ketahui kecuali apa yang memang  telah dijelaskan Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wasallam. Sungguh, tidaklah seorang pun dari kita boleh mengatakan surat atau ayat ini mempunyai keutamaan begini dan begitu jika dibaca saat ini dan saat itu, kecuali jika ada penjelasannya yang shahih. 

Satu diantara surat yang memiliki keutamaan adalah sebagaimana  dijelaskan oleh Rasulullah yaitu surat al Mulk  surat ke 67 yang terdiri dari 30 ayat. Beliau bersabda : Satu surat dalam al-Qur’an (yang terdiri dari) tiga puluh ayat (pada hari kiamat) akan memberi syafa’at (dengan izin Allah Ta’ala) bagi orang yang selalu membacanya (dengan merenungkan artinya) sehingga Allah mengampuni (dosa-dosa)nya, (yaitu surat al-Mulk): “Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”. Dalam riwayat lain: “…sehingga dia dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga” (H.R Abu Dawud,  at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan yang selainnya, dihasankan oleh Syaikh al Albani, dari Abu Hurairah)

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan membaca surat ini secara kontinyu (Kitab Faidhul Qadiir) karena ini merupakan sebab untuk mendapatkan syafa’at dengan izin Allah Ta’ala di akhirat kelak.

Hadits ini semakna pula dengan hadits  dari Anas bin Malik radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah Shallallahualaihi wasallam bersabda : “Satu surat dalam al-Qur’an yang hanya (terdiri dari) tiga puluh ayat akan membela orang yang selalu membacanya (di hadapan Allah Ta’ala) sehingga dia dimasukkan ke dalam surga, yaitu surat : Tabaarakal ladzi biyadihil mulk, wa huwa ‘alaa kulli syai-in  qadiir”. (H.R ath-Thabrani, dihasankan oleh Syaikh al Albani).

Surat al Mulk ini termasuk surat-surat al-Qur’an yang biasa dibaca oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebelum tidur di malam hari, karena agungnya kandungan maknanya. (H.R Imam at Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Keutamaan dalam hadits ini diperuntukkan bagi orang yang selalu membaca surat al-Mulk  secara kontinyu disertai dengan merenungkan kandungannya dan menghayati artinya. (Faidhul Qadiir). 

Demikian agungnya keutamaan surat ini maka sangatlah dianjurkan untuk menghafalnya, memahami maknanya dan melazimkan untuk membacanya terutama sebelum tidur sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam. 

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam (744)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar