Jumat, 24 Januari 2020

SEMUA DIBERI NIKMAT TAPI SEDIKIT YANG BERSYUKUR


SEMUA DIBERI NIKMAT TAPI SEDIKIT YANG BERSYUKUR

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sangat sering kita menyaksikan atau mendapat kabar melalui media sosial dan yang lainnya tentang orang orang yang  TAK BERSYUKUR. Pada hal mereka telah diberi Allah Ta’ala nikmat yang banyak. 

Sebagian manusia memperlihatkan tanda tak bersyukurnya dengan   : (1)  Melakukan berbagai keburukan, maksiat dan dosa termasuk menzhalimi orang lain. (2) Tidak mau taat kepada apa yang diperintahkan Allah Ta’ala. Tak mau beribadah dan tak mau sujud kepada-Nya.  Dua hal ini menjadi  BUKTI NYATA TENTANG ORANG TAK BERSYUKUR dengan nikmat yang diberikan Allah Ta’ala. 

Sungguh sangatlah banyak peringatan dan juga petunjuk dari al Qur an dan as Sunnah tentang kewajiban bersyukur. Selain itu sudah sangat banyak pula pesan pesan dari guru guru kita yang mengingatkan hal ini dalam berbagai tausiahnya secara lisan dan tulisan.

Sangat menyedihkan bahwa ternyata semua manusia mendapat nikmat dari Allah Ta’ala tertapi ternyata SEDIKIT SEKALI yang bersyukur dan hal ini telah Allah Ta’ala sebutkan dalam firman-Nya :

Pertama : Q.S al A’raf ayat 10

وَلَقَدْ مَكَّنَّاكُمْ فِي الْأَرْضِ وَجَعَلْنَا لَكُمْ فِيهَا مَعَايِشَ ۗ قَلِيلًا مَا تَشْكُرُونَ
Dan sungguh, Kami telah menempatkan kamu di bumi dan disana Kami sediakan (sumber) penghidupan untukmu. (Tetapi) sedikir sekali kamu bersyukur. 

Kedua : Q.S  al Baqarah ayat 243 

إِنَّ اللَّهَ لَذُو فَضْلٍ عَلَى النَّاسِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَشْكُرُونَ

Sesungguhnya Allah memberikan karunia kepada manusia tetapi kebanyakan mereka tidak bersyukur.

Ketiga : Q.S al Mu’minun ayat 78.

وَهُوَ الَّذِي أَنْشَأَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ ۚ قَلِيلًا مَا تَشْكُرُونَ

Dan Dia-lah yang telah menciptakan bagimu pendengaran,penglihatan dan hati nurani, tetapi sedikit sekali kamu bersyukur.  

Oleh karena itu berbahagialah menjadi orang yang sedikit karena itulah kelompok yang selalu bersyukur. Az Zamakhsyari menyebutkan  dalam kitab tafsirnya tentang Umar bin Khaththab yang mendengar doa seseorang.  Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, ia mendengar seseorang memanjatkan doa : Ya Allah jadikanlah aku bagian dari  orang-orang yang sedikit.

Umar terheran dan berkata : Doa apa ini ?. Orang tersebut menjawab : Aku pernah mendengar firman Allah (yang artinya): Sedikit di antara hamba-Ku yang mau bersyukur. Aku pun berdoa pada Allah agar aku termasuk (kelompok) yang sedikit itu. Umar pun berkata  : Ternyata setiap orang lebih tahu dari Umar. 

Sungguh, ketika seorang hamba bersyukur maka Allah Ta’ala berjanji akan menambah nikmat-Nya sedang YANG KUFUR NIKMAT akan mendapat adzab sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya :

 وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah) ketika Rabb-mu memaklumkan : Sesungguhnya jika kamu bersyukur niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka pasti adzab-Ku sangat berat. (Q.S Ibrahim 7).

Ketahuilah bahwa salah satu kebaikan yang akan mendatangi hamba hamba Allah yang selalu bersyukur adalah TIDAK AKAN DIADZAB, sebagaimana firman-Nya : 

مَا يَفْعَلُ اللَّهُ بِعَذَابِكُمْ إِنْ شَكَرْتُمْ وَآمَنْتُمْ ۚ وَكَانَ اللَّهُ شَاكِرًا عَلِيمًا

Allah tidak akan menyiksamu JIKA KAMU BERSYUKUR dan beriman. Dan Allah MAHA MENSYUKURI, Maha Mengetahui. (Q.S an Nisa 147).

Allah MAHA MENSYUKURI bermakna : Memberi pahala terhadap amal hamba hamba-Nya, memaafkan kesalahannya dan menambah nikmat-Nya. (Catatan kaki pada terjemahan al Qur an Departemen Agama 2002)

Selain itu, Allah Ta’ala RIDHA KEPADA ORANG ORANG YANG BERSYUKUR, sebagaimana firman-Nya :

إِنْ تَكْفُرُوا فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنْكُمْ ۖ وَلَا يَرْضَىٰ لِعِبَادِهِ الْكُفْرَ ۖ وَإِنْ تَشْكُرُوا يَرْضَهُ لَكُمْ ۗ

Jika kamu kafir maka sesungguhnya Allah tidak memerlukan (iman) mu dan Dia tidak meridhai kekafiran bagi hamba-Nya. Dan jika kamu bersyukur niscaya DIA MERIDHAI bagimu KESYUKURAN itu. (Q.S az Zumar 7).

Oleh sebab itu maka hamba hamba Allah senantiasa bersyukur kepada-Nya sehingga mendapat kebaikan yang banyak dan Allah Ta’ala akan menurunkan tambahan nikmat-Nya. Selain itu, sungguh orang yang bersyukur mendapat ridha-Nya serta tak akan diberi adzab.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.872).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar