Minggu, 19 Januari 2020

DZIKIR SETELAH SHALAT MENGHAPUS DOSA SEBANYAK BUIH DI LAUTAN


DZIKIR SETELAH SHALAT MENGHAPUS DOSA SEBANYAK
BUIH DI LAUTAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Allah Ta’ala memerintahkan manusia untuk selalu mengingat-Nya  dengan  berdzikir. Bahkan berdzikir yang banyak. Allah Ta’ala befirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا  وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلً

Wahai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. (Q.S AL Ahzab  41-42). 

Sungguh sangatlah banyak kesempatan bagi orang orang beriman untuk berdzikir kepada Allah Ta’ala. Diantaranya adalah sangat dianjurkan  berdzikir setelah shalat fardhu. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam memberi kabar gembira yakni diampuni dosanya  meskipun  SEBANYAK BUIH DILAUTAN. Beliau bersabda :
 
مَنْ سَبَّحَ اللَّهَ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَحَمِدَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَكَبَّرَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ فَتْلِكَ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ وَقَالَ تَمَامَ الْمِائَةِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ غُفِرَتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ

Barangsiapa yang bertasbih sebanyak 33 kali, bertahmid sebanyak 33 kali, dan bertakbir sebanyak 33 kali setelah melaksanakan shalat fardhu sehingga berjumlah 99, kemudian menggenapkannya untuk yang keseratus dengan ucapan Laa ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahu lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai-in qadiir, maka kesalahannya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan. (H.R Imam Muslim)

Tentang berdzikir setelah shalat juga dijelaskan keutamaannya yang lain oleh Rasulullah Salalahu ‘alaihi Wasallam. Satu hadits diriwayatkan dari Abu Hurairah, dia  berkata bahwa orang-orang fakir dari kalangan Muhajirin mendatangi Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  dan berkata  : Orang-orang yang memiliki harta berlomba-lomba menggapai derajat yang tinggi dan nikmat yang kekal. 

Mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka puasa sebagaimana kami puasa.  Dan mereka memiliki kelebihan harta hingga mereka (bisa) berhaji, umrah, jihad dan bersedekah. 

Lalu Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda : Maukah aku beritahukan kepada kalian sesuatu untuk mengejar orang-orang yang telah mendahului kalian dalam beramal dan meninggalkan orang-orang yang ada di belakang kalian.  Dan tidak ada orang yang lebih baik dari kalian kecuali jika ia melakukan seperti yang kalian lakukan?, Para sahabat menjawab : Mau, wahai Rasulullah!, Maka Rasulullah bersabda : Kalian BER-TASHBIH, BER-TAHMID DAN BERTAKBIR setiap selesai shalat sebanyak 33 kali.

Abu Shalih yang meriwayatkan dari Abu Hurairah  berkata : Ketika Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  ditanya tentang bagaimana cara menyebutkannya, maka beliau  bersabda : Mengatakan subhaanallaah wal hamdulillaah wallaahu akbar, hingga setiap kalimat diucapkan sebanyak 33 kali. (Muttafaq ‘alaih).

Oleh karena itu orang orang beriman jangan lalai  berdzikir setiap kali selesai melaksanakan shalat fardhu. Jangan buru buru meningalkan tempat shalat. Sungguh Allah Ta’ala melalui Rasul-Nya berjanji akan menghapus dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.866)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar