Selasa, 14 Januari 2020

ALLAH MENGAMPUNI DOSA KECIL JIKA DOSA BESAR DITINGGALKAN


ALLAH MENGAMPUNI DOSA KECIL JIKA DOSA BESAR DITINGGALKAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Orang orang beriman SANGATLAH TAKUT BERBUAT DOSA KECIL APALAGI DOSA BESAR. Sungguh dosa dosa besar yang dibawa mati oleh seorang hamba tanpa sempat bertaubat di dunia bisa menyebabkan kerugian dan penyesalan yang amat besar serta kebinasaan di akhirat kelak. 

Sungguh Rasulullah Sallallahu ‘alaihi Wasallam telah mengingatkan bahwa dosa dosa besar  akan membinasakan pelakunya. Beliau bersabda :

اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ

Jauhilah (oleh kalian) tujuh dosa besar yang membinasakan …… (H.R. Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  bersabda : Tidaklah seorang hamba membaca kalimat La ilaaha illallah dengan ikhlas, kecuali akan dibukakan untuknya pintu-pintu langit sampai menembus ke ‘Arsy, selama dosa-dosa besar dijauhinya. (H.R at Tirmidzi). 

Apa itu dosa besar ?. Ibnu Abbas berkata : Dosa besar adalah setiap dosa yang Allah tutup dengan ancaman (berupa) neraka, kemurkaan Allah, laknat dan adzab-Nya.(Tafsir ath Thabari).

Ketahuilah bahwa Allah Ta’ala  akan menghapus kesalahan kesalahan berupa dosa dosa kecil jika dosa besar dijauhi. Allah berfirman :

إِنْ تَجْتَنِبُوا كَبَائِرَ مَا تُنْهَوْنَ عَنْهُ نُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَنُدْخِلْكُمْ مُدْخَلًا كَرِيمًا

Jika kamu menjauhi dosa dosa besar diantara dosa dosa yang dilarang mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan kesalahanmu dan akan Kami masukkan kamu ketempat yang mulia (surga) Q.S an Nisaa’ 31).

Imam adz Dzahabi berkata : Dengan ayat ini Allah menjamin surga kepada siapa saja yang menjauhi dosa dosa besar. (Lihat Muqaddimah Kitab al Kaba-ir) 

Tentang ayat 31 surat an Nisa’ ini, Imam Ibnu Katsir berkata : Jika kalian MENJAUHI  DOSA DOSA BESAR niscaya KAMI HAPUSKAN DOSA DOSA KECIL KALIAN dan Kami masukkan kalian ke dalam surga. (Lihat Tafsir Ibnu Katsir).

Sementara itu, tentang ayat ini pula, Syaikh as Sa’di berkata : Ini merupakan karunia Allah dan kebaikan-Nya kepada hamba hamba-Nya yang beriman. Allah Ta’ala menjanjikan kepada mereka bahwa bila mereka MENINGGALKAN DOSA BESAR niscaya Allah Ta’ala akan mengampuni seluruh dosa dan kesalahan mereka. Dan memasukkan mereka kepada suatu tempat yang mulia lagi banyak kenikmatannya yaitu surga.

Dan termasuk dalam perkara meninggalkan dosa dosa besar adalah MENUNAIKAN KEWAJIBAN KEWAJIBAN dimana orang yang meninggalkannya (sesuatu yang diwajibkan kepadanya, peny.) berarti telah melakukan dosa besar, seperti (meninggalkan) shalat lima waktu, shalat Jum’at dan puasa Ramadhan, sebagaimana sabda Rasulullah Salallhu ‘alaihi Wasallam :

الصَّلَوَاتُ الخَمْسُ ، وَالجُمُعَةُ إِلَى الجُمُعَةِ ، وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ ، مُكَفِّراتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتُنِبَتِ الكَبَائِرُ.

Shalat lima waktu, Jum at ke Jum at, dan Ramadhan ke Ramadhan adalah penghapus dosa-dosa yang di antara semua itu, jika dosa-dosa besar dijauhi. (H.R Imam Muslim). Lihat Kitab Tafsir Taisir Karimir Rahman.

Namun demikian seorang hamba seharusnya  TETAP BERHATI HATI dan terus berusaha untuk tidak melakukan dosa sekecil apapun. Dosa dosa kecil kalau diremehkan atau ditumpuk   juga akan menjadi dosa besar. Apalagi jika dilakukan terus menerus. Bukankah gunung yang besar terdiri dari butiran butiran pasir dan tanah.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.860)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar