Sabtu, 04 Januari 2020

DOA YANG SHAHIH KETIKA DATANG ANGIN KENCANG


DOA YANG SHAHIH KETIKA DATANG ANGIN KENCANG

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Allah Ta’ala Mahakuasa terhadap segala sesuatu. Ketika dia berkehendak, maka dengan hikmah-Nya yang Mahasempurna, Allah Ta’ala mendatangkan angin kencang bahkan bisa sangat kencang. Angin kencang ini dalam bahasa kita secara umum disebut dengan berbagai nama seperti angin topan, angin puting beliung, angin puyuh, cyclone, tornado dan yang lainnya. 

Angin kencang ini sering mendatangkan musibah, menghancurkan rumah, menumbangkan bahkan menerbangkan pohon dan   sering pula mendatangkan korban jiwa. Kalau kita belajar dari al Qur an  maka kita mengetahui bahwa kaum terdahulu  telah pernah di adzab dengan angin kencang.

Diantaranya adalah KAUM ‘AAD yaitu tersebab mereka menyombongkan diri dan mengingkari wahyu dan petunjuk Allah Ta’ala yang dibawa oleh Nabi Huud. Allah Ta’ala menjelaskan hal ini, dalam firman-Nya :

فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ رِيحًا صَرْصَرًا فِي أَيَّامٍ نَحِسَاتٍ لِنُذِيقَهُمْ عَذَابَ الْخِزْيِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَلَعَذَابُ الْآخِرَةِ أَخْزَىٰ ۖ وَهُمْ لَا يُنْصَرُونَ

Maka Kami tiupkan angin yang sangat bergemuruh kepada mereka dalam beberapa hari yang nahas, karena Kami ingin merasakan siksaan yang menghinakan dalam kehidupan di dunia. Sedangkan adzab di akhirat pasti lebih menghinakan dan mereka tidak diberi pertolongan. (Q.S Fushilat 16).

Syaikh Utsaimin berkata : Ada dua jenis angin yang bertiup yaitu : 

(1) Yang bertiup biasa dan tak menakutkan maka tidak di sunahkan mengucapkan dzikir tertentu.
(2) Angin yang bertiup (sangat) kencang dan menakutkan maka kita tidak boleh mencelanya dan (disunahkan) mengucapkan dzikir  sebagaimana dzikir (atau doa) dari Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam. (Syarah Riyadush Shalihin, dengan diringkas).

Adapun doa yang diajarkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam yaitu memohon kebaikan dari angin yang bertiup kencang dan berlindung dari keburukannya :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Ya Allah !. Sesungguhnya aku bermohon kepada-Mu kebaikan angin (ribut) ini, kebaikan yang ada didalamnya dan kebaikan  apa  yang dibawanya. Dan, aku berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini, dan keburukan apa yang di dalamnya dan  keburukan apa yang dibawanya. (H.R Imam Muslim)

Oleh sebab itu orang orang beriman senantiasa membaca doa ini ketika angin bertiup kencang dan  semoga Allah Ta’ala memberikan kebaikan serta berkenan menjauhkan kita semua dari berbagai keburukan. Wallahu A’lam. (1.852).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar