Selasa, 14 Januari 2020

KETIKA DADA TERASA SEMPIT DAN HATI GUNDAH


KETIKA DADA TERASA SEMPIT DAN HATI GUNDAH 

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Hakikatnya, orang orang yang beriman tak boleh merasa dadanya sempit dan hatinya gundah tersebab berbagai kesulitan dan musibah. Kenapa ?, karena orang orang beriman  bersandar kepada Yang Mahakuat yaitu Allah Ta’ala.  Cuma TERKADANG ada orang orang beriman merasa berat ketika mendapat ujian. 

Ketahuilah bahwa  saat dada terasa sempit dan hati gundah gulana, merasa tak nyaman dalam menjalani kehidupan dan yang lainnya,  itu termasuk bagian dari musibah. Diantara  penyebabnya adalah PERBUATAN BURUK atau maksiat yang dilakukannya.  Allah Ta’ala  berfirman :

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ    

Dan musibah apa saja yang menimpa kamu adalah karena perbuatan tanganmu sendiri dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan kesalahanmu). Q.S asy Syuura 30.

Imam Ibnu Qayyim al Jauziyah rahimahullah mengatakan : Di antara akibat dari berbuat dosa adalah MENGHILANGKAN NIKMAT  dan akibat dosa adalah mendatangkan bencana (musibah). Oleh karena itu, hilangnya suatu nikmat dari seorang hamba adalah karena dosa. Begitu pula datangnya berbagai musibah juga disebabkan oleh dosa. (Al Jawabul Kaafi).

Jadi ketika  seseorang merasa hatinya gundah,  gelisah, tak nyaman maka salah satu cara terbaik baginya adalah BANYAK BANYAK MEMOHON AMPUN.

Satu pepatah atau ungkapan  Arab menyebutkan :

ما نزل البلاء إلا بذنب وما رفع إلا بتوبة

Setiap musibah yang turun disebabkan oleh dosa, dan tidak akan terangkat kecuali dengan taubat.

Ibnu Taimiyah rahimmahullah telah pula mengingatkan hal ini, beliau berkata : Siapa yang merasa dadanya tidak lapang, tidak mendapatkan kelezatan iman dan cahaya hidayah maka hendaklah DIA MEMPERBANYAK TAUBAT DAN ISTIGHFAR. (Majmu’ al Fatawa).

Oleh karena itu, sangatlah bermanfaat ketika seseorang banyak beristighfar yaitu untuk menghapus dosa dosanya sehingga hatinya menjadi lapang. Dan juga akan mendatangkan kebahagiaan baginya di akhirat kelak. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

طُوْبَى ِلمَنْ وَجَدَ فِي صَحِيْفَتِهِ اسْتِغْفَارًا كَثِيْرًا.

Sungguh beruntung seseorang yang mendapati pada catatan amalnya istighfar yang banyak. (H.R Ibnu Majah, dishahihkan oleh Syaikh al Albani)

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.859)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar