Selasa, 10 April 2018

MEMBUKA TELAPAK TANGAN KETIKA SALAM


MEMBUKA TELAPAK TANGAN KETIKA SALAM

Oleh : Azwir B. Chaniago

Terkadang kita lihat, ada sebagian saudara kita  yang punya kebiasaan pada akhir shalat ketika salam yaitu telapak tangan yang diletakkan diatas pahanya dari posisinya yang semula telungkup, lalu dibuka pada saat salam. Mereka membuka telapak tangan kanannya ketika memberi salam ke kanan lalu diikuti dengan membuka telapak tangan  kirinya ketika memberi salam ke kiri.

Lalu ada pula yang mengatakan : Membuka telapak tangan kanan ketika salam ke kanan dalam shalat adalah  dengan harapan terbukalah pintu surga. Dan ketika salam ke kiri telapak tangan tetap tertutup  adalah dengan harapan pintu neraka tertutup baginya. Tapi mereka tak menyebut dalilnya.

Sebenarnya kebiasaan membuka telapak tangan ketika salam pernah dilakukan beberapa orang sahabat di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian beliau ingatkan bahkan beliau melarangnya.

Dari Jabir bin Samurah radhiyallahu ‘anhu : Ketika kami shalat bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kami mengucapkan : Assalamu alaikum wa rahmatullah, Assalamu alaikum wa rahmatullah sambil berisyarat dengan kedua tangan ke samping masing-masing. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan :

عَلَامَ تُومِئُونَ بِأَيْدِيكُمْ كَأَنَّهَا أَذْنَابُ خَيْلٍ شُمْسٍ؟ إِنَّمَا يَكْفِي أَحَدَكُمْ أَنْ يَضَعَ يَدَهُ عَلَى فَخِذِهِ ثُمَّ يُسَلِّمُ عَلَى أَخِيهِ مَنْ عَلَى يَمِينِهِ، وَشِمَالِهِ

Mengapa kalian mengangkat tangan kalian, seperti keledai yang suka lari ?. Kalian cukup meletakkan tangan kalian di paha kemudian salam menoleh ke saudaranya yang di samping kanan dan kirinya. (HR. Muslim 430, Nasai 1185, dan yang lainnya).

Hadits ini menunjukkan bahwa membuka telapak tangan ketika salam dalam shalat telah diingkari oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Oleh karena itu  tak patut kita amalkan. 

Wallahu A’lam. (1.262)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar