Minggu, 01 April 2018

MASUK SURGA PADAHAL BELUM PERNAH SHALAT SATU RAKAATPUN


MASUK SURGA PADAHAL BELUM PERNAH SHALAT 
SATU RAKAATPUN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh siapapun yang telah menerima Islam ini dan memegangnya dengan kuat hanyalah terjadi atas kehendak Allah Ta’ala. Hanya atas hidayah Allah kepada siapapun yang Allah kehendaki.

Perhatikanlah berapa banyak orang yang sebelumnya tidak mau menerima Islam bahkan memusuhi Islam tetapi dengan hidayah Allah pada suatu waktu dia menerima Islam bahkan ketika membela Islam dia berada di barisan depan.

Diriwayatkan dari Ibnu Sufyan, tentang seseorang yang mendapat hidayah untuk memeluk Islam.  Bahwa Abu Hurairah pernah meminta kepada para sahabat : Ceritakanlah kepadaku mengenai kisah seseorang yang masuk Surga padahal belum pernah shalat sekali saja sepanjang hidupnya. 

(Begini kisahnya), pada hari terjadinya Perang Uhud dimana Rasulullah telah berangkat menuju peperangan tersebut, kebenaran Islam tampak terang di hatinya lalu dia masuk Islam. Itulah Ushairim.

Setelah masuk Islam, Ushairim langsung mengambil pedangnya  dan berangkat menuju medan perang Uhud. Di maju ke tengah tengah musuh dan terus menyerang sehingga terluka di beberapat bagian tubuhnya.

(Setelah perang usai), kaumnya dari Bani Abdul Asyhal mencari para korban dalam peperangan ini. Mereka mendapati Ushairim. Mereka bertanya : Ini Ushairim, apa yang menyebabkannya datang dalam peperangan ini ?. Bukankah sebelumnya dia tidak berkenan ikut serta dalam peperangan ini.

Mereka mempertanyakan status Ushairim sehingga dia berada dalam pertempuran ini : Wahai Amr (Ushairim), apa yang menyebabkanmu berada disini, apakah karena setia kepada kaummu ataukah karena simpati terhadap Islam ?. Amr menjawab : Karena cintaku terhadap Islam. Aku telah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Kemudian aku angkat senjataku dan aku berperang sehingga aku terluka seperti ini.

Tidak lama kemudian Ushairim pun meninggal dunia ditengah tengah kaumnya. Kemudian mereka memberitahukan kepada Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam. Rasulullah bersabda : “Sungguh dia termasuk penghuni surga”  (As Sirah an Nabawiyah, Ibnu Hisyam).

Sungguh betapa beruntungnya Ushairim. Dia mendapat hidayah untuk masuk Islam kemudian dapat kesempatan berjihad dan syahid lalu mendapat surga. Begitulah ketika Allah berkehendak sesuatu itu pasti terjadi.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.260).     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar