Sabtu, 10 Desember 2016

KENAPA ADA YANG SUKA MEMANJANGKAN KUKU



KENAPA ADA YANG SUKA MEMANJANGKAN KUKU

Oleh : Azwir B. Chaniago

Kita menyaksikan ada  banyak manusia yang suka memanjangkan kuku. Apakah yang dipanjangkan itu kuku pada satu atau dua jari  bahkan ada juga yang sengaja memanjangkan kuku semua jari tangannya.

Barangkali, diantaranya adalah untuk tujuan  agar beda dari orang lain. Ada  pula menganggap sebagai bagian dari berhias diri, biasanya terjadi pada sebagian wanita. Tetapi ada pula yang sekedar iseng dan kalau ditanya kenapa memanjangkan kuku dia tidak bisa menjawab. Paling jawabannya iseng saja.  

Syaikh Muhammad Shalih al Utsaimin pernah ditanya tentang  hukum memanjangkan kuku. Beliau memberikan jawaban bahwa : Mengenai hukum memanjangkan kuku termasuk kebiasaan orang orang kafir yang kita dilarang mengikutinya. 

Beliau, Syaikh Utsaimin dalam hal ini menukil sabda Rasulullah : “Man tasyabbaha bi qaumi fahuwa minhum”. Barangsiapa menyerupai suatu kaum maka dia termasuk golongan mereka. (H.R Imam Ahmad).

Apabila kuku itu panjang, kata beliau,  maka akan menempel padanya berbagai kotoran. Kuku yang panjang tersebut menjadikan manusia yang mempunyai kedudukan mulia disisi Allah Ta’ala ini, seakan akan menyerupai hewan. 

Disamping itu, memanjangkan kuku juga menyelisihi fitrah yang berarti juga menyelisihi syariat Islam. Karena Rasulullah memberi waktu kepada umatnya supaya tidak membiarkan kuku, kumis, rambut kemaluan serta bulu ketiak  melebihi 40 hari. (Fatawa Manaaril Islam, Syaikh Utsaimin dengan diringkas).

Insya Allah ada manfaatnya bgi kita semua. Wallahu A’lam. (889).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar