Jumat, 23 Agustus 2024

SANGAT BANYAK KEUTAMAAN MEMBACA AL QUR AN

 

SANGAT BANYAK KEUTAMAAN MEMBACA AL QUR AN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, SALAH SATU ibadah paling utama bersama al Qur an adalah TERUS MENERUS MEMBACANYA. Ketahuilah bahwa sangatlah banyak kebaikan yang akan mendatangi orang orang yang senantiasa membaca al Qur an. Diantaranya adalah :

Pertama :  Al Qur’an akan menjadi syafaat atau penolong di hari kiamat untuk para pembacanya. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

عن أَبي أُمامَةَ رضي اللَّه عنهُ قال : سمِعتُ رسولَ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم يقولُ : « اقْرَؤُا القُرْآنَ فإِنَّهُ يَأْتي يَوْم القيامةِ شَفِيعاً لأصْحابِهِ » رواه مسلم

Dari Abu Amamah, aku mendengar Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  bersabda : Bacalah al Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat. (H.R Imam Muslim).

Kedua : Orang yang mempelajari dan mengajarkan al Qur’an adalah  sebaik-baik manusia.

قالَ رسولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم :  خَيركُم مَنْ تَعَلَّمَ القُرْآنَ وَعلَّمهُ

Dari Utsman bin Affan, Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda : Sebaik baik kalian adalah yang mempelajari al Qur’an dan mengajarkannya. (H.R at  Tirmidzi, dari Utsman bin Affan).

Ketiga : Bagi orang-orang yang mahir membaca Al-Qur’an, maka kelak ia akan bersama para Malaikat  :

عن عائشة رضي اللَّه عنها قالتْ : قال رسولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : « الَّذِي يَقرَأُ القُرْآنَ وَهُو ماهِرٌ بِهِ معَ السَّفَرةِ الكرَامِ البررَةِ

Dari Aisyah radhiyallahu 'anha, dia berkata : Bahwa Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :  “Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Keempat :  Mereka yang belum lancar dalam membaca dan mengkhatamkan al Qur’an, jangan bersedih, sebab Allah Ta'ala akan  memberikan dua pahala. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

وَاٌلَذِي يَقُراٌ القُرانَ وَيَتَتَعتَعُ فِيه وَهُوَ عَلَيهِ شَاقٌ لَه اَجَران

Dan orang yang membaca al Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala. (H.R Imam  Bukhari dan Imam Muslim).

Kelima : Al-Qur’an dapat meningkatkan derajat di sisi Allah Ta'ala.

عن عمرَ بن الخطابِ رضي اللَّه عنهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قال : إِنَّ اللَّه يرفَعُ بِهذَا الكتاب أَقواماً ويضَعُ بِهِ آخَرين

Dari Umar bin Khatab radiyallahu 'anhu, Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda : Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (al Qur’an), dan dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain. (H.R Imam Muslim).

Selain itu ketahuilah bahwa mengkhatamkan bacaan  al Qur’an adalah amal yang paling dicintai Allah Ta'ala. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : قَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ؟ قَالَ : الْحَالُّ الْمُرْتَحِلُ - قَالَ : وَمَا الْحَالُّ الْمُرْتَحِلُ؟ قَالَ الَّذِي يَضْرِبُ مِنْ أَوَّلِ الْقُرْآنِ إِلَى آخِرِهِ كُلَّمَا حَلَّ ارْتَحَلَ

Dari Ibnu Abbas, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam : Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah ?. Beliau menjawab :  Al hal wal murtahal.

Orang ini bertanya lagi : Apa itu al hal wal murtahal, wahai Rasulullah ?. Beliau menjawab : Yaitu yang membaca al Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal. (H.R at  Tirmidzi).

Tentang lima keutamaan   membaca al Qur an yang disebutkan diatas, dinukil dari Kitab Syarah Riyaadush Shalihin yang ditulis oleh   Muhyiddin Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf an Nawawi dalam  bab khusus tentang Keutamaan Membaca Al-Qur'an.

Wallahu A'lam. (3.347)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar