Rabu, 28 Agustus 2024

BANYAK KEBURUKAN MENDATANGI HAMBA YANG SUKA BERMAKSIAT

 

BANYAK KEBURUKAN MENDATANGI HAMBA YANG SUKA BERMAKSIAT

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh dosa dan maksiat akan mendatangkan sangat banyak keburukan termasuk berbagai musibah bagi seorang hamba. Dan ketahuilah bahwa  tidaklah musibah itu datang kecuali karena perbuatan dosa. Allah Ta’ala berfirman :

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ

Dan musibah apa saja yang menimpa kamu adalah karena perbuatan tanganmu sendiri dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahanmu). Q.S asy Syuura 30.

Ketahuilah bahwa salah satu akibat buruk dari perbuatan dosa dan maksiat adalah menyebabkan  hati tertutup. Sungguh Allah berfirman :

كَلَّا بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka. (Q.S al Mutaffifin 14).

Tentang ayat ini, Syaikh as Sa’di berkata : Dalam ayat ini terdapat peringatan dari berbagai dosa karena dosa BISA MENUTUPI HATI sedikit demi sedikit hingga cahaya hati padam dan pandangan hati mati. Inilah yang akan memutarbalikkan kebenaran (pada diri seseorang) sehingga KEBATHILAN DALAM PANDANGANNYA ADALAH KEBENARAN DAN KEBENARAN DALAM PANDANGANNYA ADALAH KEBATHILAN. Dan inilah salah satu hukuman terbesar (terhadap) dosa. (Tafsir Taisir Karimir Rahman). 

Selain itu, diantara keburukan yang akan mendatangi seseorang yang berbuat banyak dosa adalah sebagaimana dijelaskan oleh Imam Ibnul Qayyim. Beliau berkara  : Diantara akibat dari berbuat dosa adalah menghilangkan nikmat dan JUGA MENDATANGKAN BENCANA ATAU MUSIBAH.  Oleh karena itu hilangnya nikmat dari seseorang adalah akibat dosa. Begitu pula datangnya berbagai musibah adalah juga disebabkan dosa (al Jawabul Kafi).

Selain itu kata beliau : Diantara akibat buruk (dosa) dan maksiat adalah MEMBUTAKAN PANDANGAN HATI. Memadamkan cahayanya, menutup jalan jalan ilmu serta menutupi sumber sumber hidayah.

Beliau menambahkan bahwa jika  cahaya tersebut akan terus mengecil maka kegelapan maksiat akan bertambah kuat sehingga akhirnya menjadi seperti malam yang gelap gulita.

Kegelapan itu akan itu akan terus bertambah (tersebab maksiat) dan menjalar dari hati ke anggota anggota badan. Dan hatipun terselimuti warna hitam sesuai kekuatan dan bertambahnya kegelapan akibat maksiat. (Ad Daa’ wad Dawaa’).

Oleh karena itu, hamba hamba Allah mestilah berusaha dengan sungguh untuk  menjauhi perbuatan maksiat sekecil apapun. Dan ketika suatu waktu tergelincir kepada dosa BERSEGERA MEMOHON AMPUN DAN BERTAUBAT.

Wallahu A'lam. (3.349).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar