Rabu, 28 Agustus 2024

ALLAH MEMBUKA BANYAK JALAN UNTUK MENDAPATKAN CINTA-NYA.

 

ALLAH MEMBUKA BANYAK JALAN UNTUK MENDAPATKAN CINTA-NYA.

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Setiap saat hamba Allah SANGAT  BERHARAP DAN BERUSAHA untuk mendapatkan cinta Allah Ta'ala kepada dirinya. Dalam perkara ini Allah Ta'ala telah memberi banyak jalan. Diantaranya adalah dengan sungguh sungguh melaksanakan perintah yang  wajib dan giat pula dengan amalan yang sunnah. Dalam satu hadits qudsi, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman  :

 وَمَا تَقَرَّبَ إِلَيَّ عَبْدِي بِشَيءٍ أَحَبَّ إِلَيَّ مِمَّا افْتَرَضْتُ عَلَيهِ ، وَمَا يَزالُ عَبْدِي يَتَقَرَّبُ إِلَيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ ، فَإِذَا أحْبَبْتُهُ ، كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِي يَسْمَعُ بِهِ ، وَبَصَرَهُ الَّذِي يُبْصِرُ بِهِ ، ويَدَهُ الَّتي يَبْطِشُ بِهَا ، وَرِجْلَهُ الَّتِي يَمْشِي بِهَا وَإنْ سَألَنِي أعْطَيْتُهُ ، وَلَئِن اسْتَعَاذَنِي لَأُعِيذَنَّهُ

Dan tidaklah seorang hamba mendekat kepada-Ku yang lebih aku cintai daripada apa-apa yang telah Aku fardhukan kepadanya. Hamba-Ku terus-menerus mendekat kepada-Ku dengan ibadah ibadah sunnah hingga Aku pun mencintainya.

Bila Aku telah mencintainya, maka Aku pun menjadi pendengarannya yang ia gunakan untuk mendengar, menjadi penglihatannya yang ia pakai untuk melihat, menjadi tangannya yang ia gunakan untuk berbuat, dan menjadi kakinya yang ia pakai untuk berjalan. Bila ia meminta kepada-Ku, Aku pun pasti memberinya. Dan bila ia meminta perlindungan kepada-Ku, Aku pun pasti akan melindunginya.  (H.R Imam Bukhari).

Selain itu, ketahuilah bahwa masih banyak jalan untuk mendapatkan CINTA ALLAH kepada hamba hamba-Nya, antara lain adalah :

Pertama : Shalat di awal waktu.

Ibnu Mas’ud pernah bertanya kepada Rasulullah Salallahu  'alaihi Wasallam tentang AMAL YANG PALING DICINTAI ALLAH TA'ALA,    sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut ini :  

عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه قال: سألت النبي صلى الله عليه وسلم أي العمل أحب إلى الله؟ قال: “الصلاة على وقتها”, قلت: ثم أي؟ قال: “بر الوالدين”, قلت: ثم أي؟ قال: “الجهاد في سبيل الله”,

Dari Abdullah Ibnu Mas’ud, dia berkata : Aku bertanya kepada Nabi Muhammad Salallahu ‘alaihi Wasallam tentang amalan yang paling dicintai  Allah Subhanahu wa Ta’ala ?. Beliau menjawab : SHALAT PADA WAKTUNYA. Kemudian apa ?, kataku.  Beliau menjawab : Berbuat baik kepada kedua orang tua. Kemudian apa ?, kataku lagi. Beliau menjawab :  Jihad fi sabilillah.  (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Kedua : Istiqamah dalam beramal.

Hamba Allah mestilah istiqmah atau kontinyu dalam beribadah meskipun sedikit  sehingga tidak jatuh kepada kelalaian. Dan amalan yang sedikit jika dilakukan terus menerus akan mendatangkan cinta Allah Ta'ala.

Satu hadits yang diriwayatkan dari  dari A’isyah radhiallahu ‘anha, bahwa Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda : 

أَحَبَُ الْأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ
 

Amalan yang paling dicintai Allah adalah yang kontinyu (terus menerus) dikerjakan walaupun sedikit. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Ketiga : Bertakwa dan sembunyi sembunyi dalam beramal.

Menyembunyikan amal yang bisa disembunyikan sangatlah dianjurkan terutama sekali sebagai penghambat perasaan ujub dan riya. Sungguh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam menjelaskan bahwa orang yang menyembunyikan amalnya MENDAPAT KECINTAAN ALLAH TA’ALA, sebagaimana sabda beliau :

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعَبْدَ التَّقِىَّ الْغَنِىَّ الْخَفِىَّ

Sesungguhnya Allah mencintai hamba yang bertakwa, berkecukupan dan suka SEMBUNYI SEMBUNYI DALAM BERAMAL. (H.R Imam Muslim).

Keempat : Al Hal wal Murtahal.

Mengkhatamkan bacaan  al Qur’an adalah amal yang paling dicintai Allah Ta'ala. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : قَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ؟ قَالَ : الْحَالُّ الْمُرْتَحِلُ - قَالَ : وَمَا الْحَالُّ الْمُرْتَحِلُ؟ قَالَ الَّذِي يَضْرِبُ مِنْ أَوَّلِ الْقُرْآنِ إِلَى آخِرِهِ كُلَّمَا حَلَّ ارْتَحَلَ

Dari Ibnu Abbas, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam : Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah ?. Beliau menjawab :  Al hal wal murtahal.

Orang ini bertanya lagi : Apa itu al hal wal murtahal, wahai Rasulullah ?. Beliau menjawab : Yaitu yang membaca al Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal. (H.R at  Tirmidzi).

Wallahu A'lam. (3.350)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar