Minggu, 11 Agustus 2024

SANGAT DIANJURKAN TOLONG MENOLONG SESAMA ORANG BERIMAN

 

SANGAT DIANJURKAN TOLONG MENOLONG SESAMA ORANG BERIMAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sebagai salah satu konsekwensi dari PERSAUDARAAN ORANG BERIMAN adalah kewajiban untuk saling tolong menolong. Sungguh, kita sulit membayangkan bagaimana sulitnya kehidupan kita bermasyarakat terutama sesama orang beriman jika tidak memiliki sikap tolong menolong. Apalagi di zaman modern ini tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri tanpa pertolongan dari orang lain.

Sungguh  Allah Ta'ala memerintahkan orang orang beriman untuk SALING TOLONG MENOLONG DALAM KEBAIKAN yaitu sebagaimana firman-Nya :

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa. Dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah sangat berat siksa-Nya. (Q.S al Maidah 2).

Imam Ibnu Katsir berkata : Maknanya adalah bahwa Allah Ta'ala memerintahkan hamba hamba-Nya yang beriman untuk senantiasa tolong menolong DALAM BERBUAT KEBAIKAN. Itulah yang disebut dengan al birru atau kebaikan. (Tafsir Ibnu Katsir).

Imam al Qurthubi  menjelaskan tentang  TA’AWUN yaitu tolong menolong yang dimaksud dalam surat al Maidah ayat 2 menyebutkan beberapa aplikasinya :

(1) Seorang berilmu menolong manusia dengan ilmunya.

(2) Seorang yang berharta menolong manusia dengan hartanya.

(3) Seorang pemberani menolong manusia dengan keberaniannya berjuang di jalan Allah dan yang lainnya. Masing masing orang membantu orang lain sesuai kapasitas dan kemampuannya. (Tafsir al Qurthubi)

Imam al Mawardi  berkata : Allah Azza wa Jalla mengajak untuk tolong-menolong dalam kebaikan dengan beriringan dengan ketakwaan kepada-Nya. Sebab dalam ketakwaan, terkandung ridha Allah Azza wa Jalla . Sementara saat berbuat baik, orang-orang akan menyukai (meridhai). Barang siapa memadukan antara ridha Allah Azza wa Jalla dan ridha manusia, sungguh kebahagiaannya telah sempurna dan kenikmatan baginya sudah melimpah. (Tafsir al Qurthubi).

Tentang ayat 2 surat al Maidah yang berkaitan dengan tolong menolong dalam kebaikan, Syaikh as Sa'di berkata : Hendaknya Sebagian kalian membantu Sebagian yang lain dalam kebajikan. Kebajikan adalah nama yang mengumpulkan segala perbuatan,  baik lahir maupun bathin, baik hak Allah maupun hak manusia YANG DICINTAI DAN DIRIDHAI ALLAH TA'ALA.

Dan takwa di sini, adalah nama yang mengumpulkan sikap meninggalkan segala perbuatan  lahir dan bathin yang dibenci oleh Allah Ta'ala dan Rasul-Nya.

Setiap perbuatan baik yang diperintahkan untuk dikerjakan atau perbuatan buruk yang diperintahkan untuk dijauhi, maka seorang hamba DIPERINTAHKAN UNTUK MELAKSANAKANNYA sendiri dan dengan bantuan dari orang lain dari kalangan saudara saudaranya yang beriman. Baik dengan ucapan atau perbuatanyang memacu atau mendorong kepadanya. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Wallahu A'lam. (3.338).

  

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar