Kamis, 08 Agustus 2024

HAMBA ALLAH SELALU MEMOHON ILMU YANG BERMANFAAT

 

HAMBA ALLAH SELALU MEMOHON ILMU YANG BERMANFAAT

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Dalam menjalani hidup di dunia hamba hamba Allah membutuhkan ilmu, terutama ilmu syariat dan juga ilmu ilmu lainnya yang bermanfaat bagi kaum muslimin. Bahkan belajar ilmu dalam syariat Islam adalah suatu yang wajib. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  bersabda :

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Belajar ilmu adalah wajib bagi setiap Muslim. (H.R Imam Muslim).

Satu ungkapan yang cukup masyhur menyebutkan bahwa : Untuk mendapatkan dunia kita butuh ilmu, untuk mendapatkan akhirat kita butuh ilmu. Dan untuk mendapatkan keduanya kita butuh ilmu. Ya memang demikianlah adanya.

Sungguh, kita butuh ilmu untuk memahami aqidah yang benar. Kita butuh ilmu untuk beribadah yang benar. Kita butuh ilmu untuk   berakhlak yang terpuji. Kita butuh ilmu agar bisa bermuamalah dengan baik. Bahkan BEBERAPA SAAT SEBELUM MATI PUN KITA BUTUH ILMU   yaitu ilmu tentang kalimat apa yang harus kita ucapkan pada saat yang kritis itu.

Jalan untuk mendapatkan ilmu HARUSLAH DENGAN BELAJAR. Belajar di lembaga formal dan juga secara tidak formal. Diantaranya dan termasuk yang utama adalah hadir di majelis ilmu, duduk di depan guru. Dan juga belajar dari media sosial, kitab kitab yang ditulis para ulama seperti kitab tafsir al Qur an, kitab hadits dan syarahnya dan banyak lagi sarana lainnya.

Selain itu, juga sangat dianjurkan untuk berdoa  memohon ilmu yang bermanfaat diantaranya  dari hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah. Hadis ini dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani rahimahullah dalam Sahih Ibnu Majah.

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as-aluka ‘ilman nafi'an wa rizqan thayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan.

Ya Allah !. Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik dan amalan yang diterima.

Selain dari hadis di atas, ada juga doa memohon ilmu yang bermanfaat dalam Al-Quran Surat Thaha ayat 114 :

 رَبِّىْ زِدْنِيْ عِلْمًـا ناَفِعًاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rabbi zidni 'ilman naafi'an warzuqni fahma.

Ya Allah !.  Tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan berikanlah aku pemahaman yang baik.

Selain itu, juga  terdapat hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdoa seperti berikut :

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ

Allahummanfa'nii bimaa 'allamtanii wa 'allimnii maa yanfa'una wa zidnii 'ilman, alhamdulillahilladzi 'alaa kulli haalin wa a'uzu billahi min haali ahlin naar.

Ya Allah !. Jadikanlah ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku bermanfaat bagiku. Ajarkanlah kepadaku ilmu yang berguna untukku dan tambahkanlah kepadaku ilmu. Segala puji bagi Allah atas segala hal, aku berlindung kepada Allah dari keadaan dan segala hal yang dilakukan penghuni neraka. (H.R at Tirmidzi, Ibnu Majah dan al-Bazzar).

Wallahu A'lam. (3.334).

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar