Minggu, 18 Agustus 2024

ALLAH TELAH MEMBERI PETUNJUK AGAR NEGERI DAPAT BERKAH

 

ALLAH TELAH MEMBERI PETUNJUK AGAR NEGERI DAPAT BERKAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, semua orang sangat berharap agar negerinya diberkahi dan makmur. Untuk itu, Allah Ta'ala telah memberi petunjuk atau jalan. Diantaranya sebagaimana firman-Nya : 

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَٰكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, PASTI KAMI akan melimpahkan kepada mereka BERKAH dari langit dan dari bumi. Tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat ayat Kami) maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.  (Q.S al A’raf 96).

Dalam ayat ini terdapat  kalimat  بَرَكاتٌSyaikh Abu Bakar al Jazairi berkata :  بَرَكاتٌ adalah bentuk jamak  بَرَكَةٌ  artinya kebaikan yang langgeng, kekal berupa ilmu, ilham, hujan yang turun dari langit,  tumbuhan, tanah yang subur, kesenangan, keamanan dan kesehatan termasuk berkah yang ada di bumi. (Aisarut Tafasir).

Syaikh as Sa'di berkata : Allah menjelaskan bahwa seandainya penduduk negeri itu beriman dengan hati mereka secara benar yang dibuktikan dengan amal, mereka bertakwa kepada Allah lahir dan batin dengan meninggalkan seluruh yang diharamkan oleh Allah, niscaya Allah akan membukakan kepada mereka keberkahan dari langit dan bumi.

Dia akan menurunkan hujan dengan deras dan menumbuhkan bumi dengan apa yang mereka bisa hidup dengannya juga ternak-ternak mereka dalam kehidupan paling subur dan rizki paling melimpah tanpa kelelahan, tanpa kesusahan, tanpa kelebihan dan tanpa kesulitan.

Akan tetapi mereka tidak beriman dan bertakwa. ”maka kami siksa mereka disebabkan perbuatan mereka” dengan azab, musibah, dicabutnya keberkahan dan banyaknya penyakit, dimana ia adalah merupakan SEBAGIAN  dari balasan amal mereka sebab jika tidak demikian, maka seandainya Dia menghukum mereka karena semua dosa mereka. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Sangatlah jelas bahwa BERIMAN DAN BERTAKWA AKAN MENDATANGKAN KEBERKAHAN, yaitu kebaikan yang banyak dan selalu ada. Lalu, ketika kita merasa negeri kita jauh dari berkah bahkan mengalami banyak ujian dan cobaan maka kita mestilah melakukan evaluasi apakah kita sebagai penduduknya sudah beriman dan bertakwa ?.

Sungguh, dua hal inilah yang mendesak untuk kita perjuangkan agar bisa ditegakkan oleh penduduk negeri yaitu IMAN DAN TAKWA. Dan juga menjauh dari dosa besar dan dosa kecil. Terutama sekali menjauh DARI PERBUATAN SYIRIK.

Dalam perkara ini, Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin rahimahullah berkata : Demi Allah, sungguh maksiat-maksiat itu akan berpengaruh buruk terhadap keamanan suatu negeri, berpengaruh kepada kemakmurannya, perekonomiannya. Maksiat-maksiat juga berpengaruh buruk terhadap hati masyarakatnya. (Atsar al Ma'aashi).

Wallahu A'lam. (3.444).   

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar