Senin, 22 Juli 2024

TENTANG KEUTAMAAN MEMBACA KALIMAT ISTIRJA'

 

TENTANG KEUTAMAAN MEMBACA KALIMAT ISTIRJA'

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, pada waktu yang Allah Ta’ala tetapkan maka setiap hamba akan diberi ujian berupa musibah terhadap dirinya, keluarganya, hartanya dan yang lainnya. Allah Ta’ala berfirman :

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

Dan Kami akan menguji kamu DENGAN SEDIKIT  ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah buahan. Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang yang sabar. (Q.S al Baqarah 155).

Seperti apa kabar gembira yang akan diteriama oleh orang yang bersabar itu, dijelaskan Allah Ta’ala dalam firman-Nya :

أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ

Mereka itulah yang memperoleh KEBERKAHAN dan RAHMAT dari Rabb-nya. Dan mereka itulah orang orang yang mendapat PETUNJUK. (Q.S al Baqarah 157).

Syaikh as Sa’di berkata : Orang yang berlaku sabar tadi : (1) “Mendapatkan keberkahan dari Rabb mereka”. Yaitu pujian dan perubahan kondisi mereka. (2) “Dan rahmat”  yang agung, diantaranya rahmat-Nya kepada mereka adalah bahwa Allah memberi taufik kepada mereka dengan kesabaran yang membuat mereka mendapat pahala yang sempurna. (3) “Mereka itulah orang yang mendapat petunjuk” yaitu orang orang yang mengetahui kebenaran. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Selain itu ketahuilah, bahwa ketika ujian berupa musibah datang maka hamba hamba Allah hendaklah mengedepankan sikap sabar dan  SANGAT DIANJURKAN untuk membaca kalimat istirja’ yakni INNA LILLAAHI WA INNAA ILAHI RAJI’UUN.

Dalam hadis dari Ummu Salamah Radhiyallahu ‘anha, dia mendengar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَا مِنْ مُسْلِمٍ تُصِيبُهُ مُصِيبَةٌ فَيَقُولُ مَا أَمَرَهُ اللَّهُ: {إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ} ، اللَّهُمَّ أَجِرْنِي فِي مُصِيبَتِي وَأَخْلُفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا، إِلَّا أَخْلَفَ اللَّهُ لَهُ خَيْرًا مِنْهَا

Apabila ada seorang muslim yang mengalami musibah, lalu dia mengucapkan kalimat ISTIRJA' seperti yang Allah perintahkan : 

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Yaa Allah berikanlah pahala untuk musibahku, dan gantikan untukku dengan sesuatu yang lebih baik darinya. Maka Allah akan memberikan ganti untuknya dengan yang lebih baik. (H.R Imam Muslim)

Jadi, hamba hamba Allah sangat dianjurkan membaca kaimat istirja' dan TETAPLAH BERSABAR dalam menghadapi berbagai ujian dan musibah. Sungguh Allah Ta’ala berfirman :

وَاللَّهُ يُحِبُّ الصَّابِرِينَ

Dan Allah mencintai orang orang yang sabar. (Q.S Ali Imran 146).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (3.327).

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar