Senin, 22 Juli 2024

HAMBA YANG MEMOHON AMPUN DAN BERSYUKUR TIDAK DIADZAB

 

HAMBA YANG MEMOHON AMPUN DAN BERSYUKUR TIDAK DIADZAB

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, ketika seseorang ingkar kepada Allah dan Rasul-nya maka bagi mereka disediakan adzab, di dunia, di barzakh dan lebih berat serta lebih pedih lagi di akhirat kelak. Allah Ta'ala telah mengingatkan TENTANG ADZAB-NYA YANG BERAT DAN PEDIH dalam firman-Nya, diantaranya adalah :

Pertama : Allah Ta'ala berfirman :

ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ

Dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. (Q.S al Maidah 2).

Kedua : Allah Ta'ala berfirman :

وَاتَّقُوا فِتْنَةً لَا تُصِيبَنَّ الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْكُمْ خَاصَّةً ۖ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zhalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya. (Q.S al Anfal 25).

Syaikh as Sa'di berkata : "Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksa-Nya", yaitu bagi orang orang yang melakukan penyebab murka-Nya dan menjauhi ridha-Nya. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Selain itu, ketahuilah bahwa adzab yang PALING RINGAN-PUN DI AKHIRAT SUNGGUH SUDAH  MEMBUAT KITA SANGAT TAKUT. Rasulullah Salallahu  'alaihi Wasallam telah menggambarkan bagaimana beratnya adzab yang paling ringan, sebagaimana sabda beliau dari an Nu’man bin Basyir,  Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

إنَّ أهْوَنَ أهل النارِ عذاباً مَنْ لَهُ نَعْلانِ وشِرَاكانِ من نارٍ يَغلي منهما دماغُه كما يغلي المِرْجَل ما يَرَى أنَّ أحداً أشدُّ منهُ عَذَاباً وإنَّهُ لأهْونُهمْ عذاباً

Penduduk neraka yang paling ringan siksaannya di neraka adalah seseorang yang memakai dua sandal neraka yang memiliki dua tali. Kemudian otaknya mendidih karena panasnya sebagaimana mendidihnya air di kuali. Orang tersebut merasa tidak ada orang lain yang siksanya lebih pedih dari siksaannya. Padahal siksaannya adalah yang paling ringan diantara mereka. (H.R Imam Muslim).

Oleh karena itu, saudaraku, ketahuilah bahwa Allah Ta'ala telah menjelaskan sangat banyak jalan untuk menghindar dari adzab. Dua diantaranya, yaitu dengan pertolongan-Nya  bisa kita amalkan adalah :

Pertama : Senantiasa memohon ampun. Allah Ta’ala berfirman : 

وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

 Dan tidaklah (pula) akan mengadzab mereka, sedang mereka memohon ampun. (Q.S al Anfal 33).

Syaikh as Sa’di berkata tentang ayat ini : Ini adalah pencegah adzab dari mereka padahal sebab sebab turunnya adzab telah terpenuhi. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Kedua : Senantiasa bersyukur. Allah Ta'ala berfirman :

مَا يَفْعَلُ اللَّهُ بِعَذَابِكُمْ إِنْ شَكَرْتُمْ وَآمَنْتُمْ ۚ وَكَانَ اللَّهُ شَاكِرًا عَلِيمًا

Allah tidak akan mengadzabmu jika kamu bersyukur dan beriman. Dan Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui. (Q.S an Nisa’ 147).

Wallahu A'lam. (3.328)

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar