Senin, 03 Juni 2024

ORANG BERIMAN BERJUANG KERAS UNTUK MENDAPAT TAKWA

 

ORANG BERIMAN BERJUANG KERAS UNTUK MENDAPAT TAKWA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Adapun makna takwa dalam pengertian bahasa berarti batasan atau penghalang yang mencegah seseorang dari hal yang ditakutinya. Jadi takwa kepada Allah bermakna membuat penghalang antara diri pribadi dengan siksa-Nya. Untuk memperoleh takwa itu maka seorang hamba haruslah mentaati perintah dan larangan Rabb-nya. (Tahdzibul Atsar, Imam ath Thabari).

Sungguh, dalam kehidupan di dunia ini orang beriman mempunyai puncak cita cita atau cita cita tertinggi untuk menjadi orang bertakwa. Kenapa ?. Iya karena itulah jalan keselamatan di dunia dan di akhirat kelak. Ketahuilah bahwa Allah Ta'ala menyediakan SURGA HANYA UNTUK ORANG ORANG BERTAKWA TIDAK UNTUK SELAINNYA. Perkara ini dijelaskan Allah Ta'ala dalam firman-Nya, diantaranya :

Pertama : Dalam surat Ali Imran 133. Allah Ta’ala berfirman :

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Rabb-mu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang orang yang bertakwa.

Kedua : Dalam surat Ali Imran 198. Allah Ta'ala berfirman :

لَٰكِنِ ٱلَّذِينَ ٱتَّقَوْا۟ رَبَّهُمْ لَهُمْ جَنَّٰتٌ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَا نُزُلًا مِّنْ عِندِ ٱللَّهِ ۗ وَمَا عِندَ ٱللَّهِ خَيْرٌ لِّلْأَبْرَارِ

Tetapi orang orang yang bertakwa kepada Rabb-nya mereka akan mendapat surga surga yang mengalir di bawahnya sungai sungai. Mereka kekal di dalamnya sebagai karunia dari Allah. Dan apa yang di sisi Allah lebih baik bagi orang orang yang berbakti.

Selain itu ketahuilah bahwa sungguh sangat banyak kebaikan dan keutamaan yang akan mendatangi  orang orang bertakwa, diantaranya adalah :

(1) Allah Ta'ala mencintai orang bertakwa, sebagaimana firman-Nya :

بَلَىٰ مَنْ أَوْفَىٰ بِعَهْدِهِۦ وَٱتَّقَىٰ فَإِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلْمُتَّقِينَ

Sebenarnya, barangsiapa yang menepati janji dan bertakwa maka sungguh Allah mencintai orang orang yang bertakwa. (Q.S Ali Imran 76).

(2) Allah Ta'ala memberi rahmat orang bertakwa, sebagaimana firman-Nya :

وَهَٰذَا كِتَٰبٌ أَنزَلْنَٰهُ مُبَارَكٌ فَٱتَّبِعُوهُ وَٱتَّقُوا۟ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Dan ini adalah Kitab (al Qur an) yang Kami turunkan dengan penuh berkah. Ikutilah dan bertakwalah agar kamu mendapat rahmat. (Q.S al An'am 155).

(3) Allah Ta'ala bersama orang bertakwa, sebagaimana firman-Nya :

إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلَّذِينَ ٱتَّقَوا۟ وَّٱلَّذِينَ هُم مُّحْسِنُونَ

Sungguh, Allah bersama orang orang yang bertakwa dan orang orang yang berbuat kebaikan. (Q.S an Nahal 128).

Tentang ayat ini, dalam kitab tafsir al Muyassar disebutkan : Sesungguhnya Allah dengan taufik, pertolongan, dan pembelaan-Nya , bersama orang-orang yang takut kepada-Nya dengan melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi apa-apa yang Dia larang, dan juga bersama orang-orang yang berbuat baik dalam menunaikan apa-apa yang Dia fardhukan dan melaksanakan hak hak-NYa, dan senantiasa taat kepada-Nya.

(4) Allah Ta'ala memberi kemenangan orang bertakwa, firman-Nya :

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَخْشَ اللَّهَ وَيَتَّقْهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْفَائِزُونَ

Dan barang siapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya dan takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, maka mereka adalah orang-orang yang mendapat kemenangan (Q.S an Nur 52).

(5) Allah Ta'ala memberi rizki dan jalan keluar yang mudah orang bertakwa, sebagaimana firman-Nya :

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. (Q.S ath Thalaq 2-3).

Sungguh sangat banyak kebaikan dan keUtamaan yang akan diperoleh orang orang bertakwa.  Oleh karena itu maka orang orang beriman tetap berfokus kepada cita citanya yang tertinggi yaitu senantiasa dalam keadaan bertakwa sampai akhir hayatnya.

Wallahu A'lam. (3.291).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar