Senin, 03 Juni 2024

ORANG MUNAFIK MENYURUH YANG MUNGKAR MELARANG YANG MAKRUF

 

ORANG MUNAFIK MENYURUH YANG MUNGKAR MELARANG YANG MAKRUF

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Siapa yang disebut orang munafik adalah sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Juraij yang mengatakan bahwa : Orang munafik ialah orang yang omongannya menyelisihi tindak-tanduknya, bathinnya menyelisihi lahiriahnya, tempat masuknya menyelisihi tempat keluarnya, dan kehadirannya menyelisihi ketidak-adaannya. (‘Umdah at-Tafsir I/78).

Sungguh, di zaman ini sangatlah banyak berkeliaran orang orang munafik di masyarakat kita bahkan sebagiannya ada yang memiliki pangkat, jabatan dan kedudukan tinggi serta harta yang banyak. Padahal hakikatnya mereka memiliki sifat dan kelakuan yang sangat buruk.

Salah satu sifat sangat buruk orang munafik adalah menyuruh kepada yang mungkar dan melarang berbuat yang makruf. Perkara ini dijelaskan Allah Ta'ala dalam firman-Nya :

ٱلْمُنَٰفِقُونَ وَٱلْمُنَٰفِقَٰتُ بَعْضُهُم مِّنۢ بَعْضٍ ۚ يَأْمُرُونَ بِٱلْمُنكَرِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمَعْرُوفِ وَيَقْبِضُونَ أَيْدِيَهُمْ ۚ نَسُوا۟ ٱللَّهَ فَنَسِيَهُمْ ۗ إِنَّ ٱلْمُنَٰفِقِينَ هُمُ ٱلْفَٰسِقُونَ

Orang munafik laki laki dan perempuan, satu dengan yang lain adalah (sama). Mereka menyuruh (berbuat) mungkar dan mencegah (perbuatan) yang makruf dan mereka mengenggam tangannya (karena kikir).

Mereka telah melupakan kepada Allah maka Allah melupakan mereka  (pula). Sesungguhnya orang orang munafik itulah orang yang fasik. (Q.S at Taubah 67).

Dalam Kitab tafsir al Muyassar disebutkan bahwa : Orang-orang munafik laki-laki dan orang-orang munafik perempuan adalah sama dalam hal memperlihatkan keimanan dan menyembunyikan kekafiran. Mereka memerintahkan kekafiran kepada Allah dan mendurhakai Rasul-Nya. Melarang dari keimanan dan ketaatan, menahan tangan mereka untuk berinfak di jalan Allah.

Mereka lupa kepada Allah, tidak mengingat ingat-Nya, maka Dia pun melupakan mereka dari rahmat-Nya, Dia tidak memberikan taufik kepada mereka menuju kebaikan. Sesungguhnya orang-orang munafik adalah orang-orang yang telah keluar dari keimanan kepada Allah dan Rasul-Nya. (Kementerian Agama Saudi Arabia).

Selain itu, ketahuilah bahwa tersebab kelakuan buruk mereka maka orang orang munafik akan ditempatkan di neraka pada lapisan paling bawah, dan tentulah  paling dahsyat panasnya. Allah Ta'ala berfirman :  

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الْأَسْفَلِ مِنَ النَّارِ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا

Sungguh, orang orang munafik  itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka. (Q.S an Nisaa’ 145) 

Syaikh as Sa'di berkata : Allah Ta’ala melalui ayat ini memberitakan tentang kondisi akhir dari orang orang munafik yaitu bahwa mereka berada pada derajat yang paling rendah dari siksaan dan paling buruk keadaan hukumannya. Orang munafik berada dibawah seluruh kaum kafir. 

Karena mereka ini bersekutu dengan kaum kafir dalam kekufuran kepada Allah dan memerangi Rasul-Nya. Orang orang munafik itu melebihi kaum kafir dalam konspirasi yaitu membuat makar, tipu muslihat dan kemampuan untuk mempergunakan berbagai macam cara dalam memerangi kaum muslimin dalam bentuk yang tidak disadari dan tidak terlihat jelas. (Tafsir Taisir Kariimir Rahman). 

Wallahu A'lam. (3.292)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 : Allah berfirman : "Kabarkanlah  kepada orang-orang munafik bahwa mereka akan mendapat siksaan yang pedih. (yaitu) orang-orang yang menjadikan orang-orang kafir sebagai pemimpin dengan meninggalkan orang-orang mu’min. Apakah mereka mencari kekuatan di sisi orang kafir itu? Maka sesungguhnya semua kekuatan kepunyaan Allah". (Q.S an Nisa: 138-139).

 

Syaikh as Sa’di berkata : “Kabarkanlah kepada orang orang munafik” yaitu orang orang yang menampakkan Islam dan menyembunyikan kekufuran dengan kabar yang paling buruk yaitu adzab yang pedih. YANG DEMIKIAN ITU KARENA MEREKA MENCINTAI ORANG ORANG KAFIR DAN MENOLONG ORANG ORANG KAFIR, MEMBELA MEREKA SERTA MENINGGALKAN CINTA DAN KASIH SAYANG KEPADA ORANG ORANG BERIMAN. Apakah yang mendorong mereka melakukan hal itu ?. Seperti inilah kenyataan dari orang orang munafik : (1) Prasangka mereka buruk terhadap Allah. (2) Keyakinan mereka lemah terhadap (adanya) pertolongan Allah kepada orang orang beriman. (Tafsir Taisir Karimir Rahman

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar