Selasa, 06 Maret 2018

DOA MEMOHON KETEGUHAN HATI DIATAS AGAMA ALLAH



DOA MEMOHON KETEGUHAN HATI DIATAS AGAMA ALLAH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Rasulullah sangatlah sering berdoa kepada Allah Ta’ala untuk memohon kebaikan bagi dirinya, umatnya dan bagi kemenangan Islam dan yang lainnya. Diantara doa yang sering dibaca beliau adalah doa agar kokoh dan istiqamah dalam memegang agama Islam. 
 
Dari Ummu Salamah, bahwa diantara doa yang sering dipanjatkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam adalah : 

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.

Doa ini berasal dari beberapa riwayat diantaranya adalah sebagaimana disebutkan dalam Kitab Tafsir Ibnu Katsir :

Pertama : Dari Ibnu Mardawaih dari Asma binti Yazid Sakan.

Aku mendengar bahwa dia (Asma) menceritakan bahwa diantara doa Rasulullah yang sering dipanjatkan adalah : “Ya Allah, Rabb yang membolak balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu. Lalu kutanyakan : Ya Rasulullah : Apakah hati itu dapat berbolak balik ?. Beliau menjawab : “Ya, Allah tidak menciptakan seorang anak Adam melainkan hatinya berada di antara dua jari jemari Allah Ta’ala. Jika Allah menghendaki, Dia akan menjadikannya berdiri tegak. Dan jika Dia menghendaki, maka Dia akan menjadikannya condong kepada kesesatan. 

Kita semua memohon kepada Allah agar Dia tidak menjadikan hati kita condong kepada kesesatan setelah Dia memberikan petunjuk kepada kita. Dan semoga Allah melimpahkan kepada kita rahmat dari sisi-Nya. Sesungguhnya Dia maha pemberi”. 
   
Kedua : Dari Ibnu Mardawaih dari Aisyah binti Abu Bakar.

Ibnu Mardawih meriwayatkan dari Aisyah, ia berkata : Rasulullah sering memanjatkan doa :

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

Aku berkata : Ya Rasulullah, alangkah seringnya engkau berdoa dengan doa itu. Beliau menjawab : “Tidak ada satu hati pun melainkan berada di antara dua jari jemari (ar Rahman (Allah). Jika Dia menghendaki untuk meluruskannya maka Dia akan meluruskannya. Jika Dia menghedaki untuk membuatnya sesat maka Dia akan membuatnya sesat. Tidakkah engkau mendengar firman-Nya :

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

(Mereka berdoa): Ya Rabb kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau,  karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)". (Q.S Ali Imran 8)

Sungguh doa ini termasuk doa terbaik karena diajarkan oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam dan beliau sangat sering memanjatkan doa ini. Oleh karena itu maka seorang beriman sangatlah dianjurkan untuk sering pula berdoa dengan agar hatinya tetap teguh dan kokoh diatas agama Allah Ta’ala.
Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.244).



















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar