Selasa, 16 April 2024

SIFAT SUKA DIPUJI BISA MEMBAHAYAKAN DIRI

 

SIFAT SUKA DIPUJI BISA MEMBAHAYAKAN DIRI

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Salah satu sifat yang  berbahaya bagi diri seorang hamba  adalah memelihara sikap dipuji. Sungguh seorang hamba tidak akan mulia dengan pujian manusia Kalaupun ada kemuliaan cuma sangat kecil dan sementara. Kemulian yang hakiki hanya untuk orang orang yang bertakwa, sebagaimana firman Allah Ta'ala :

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Sungguh orang yang paling mulia disisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh Allah Maha mengetahui, Mahateliti. (Q.S al Hujuraat 13).

Syaikh as Sa'di berkata : Ukuran kemuliaan di antara mereka adalah takwa. Orang yang paling mulia di antara sesam adalah yang paling bertakwa kepada Allah Ta'ala, paling banyak melakukan ketaatan serta paling mampu mencegah diri dari kemaksiatan, bukan yang paling banyak kerabat serta kaumnya, bukan yang keturunannya paling terpandang. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Imam Ibnul Qayyim mengingatkan bahwa pujian adalah salah satu  musuh ikhlas dalam beramal. Sifat suka dipuji  kata beliau bila bercampur dengan ikhlas maka yang satu akan membunuh yang lain.

Ibarat api dicampur dengan air, tidak akan pernah bersatu. Kalau apinya besar akan membunuh air dan kalau airnya besar akan membunuh api. Sifat suka dipuji jika bercampur dengan ikhlas adalah seperti juga biawak bercampur dengan ikan, yang satu akan membunuh yang lain. Kalau ikannya lebih besar akan membunuh biawak dan kalau biawaknya lebih besar maka akan membunuh ikan. (Lihat Fawaidul Fawaid).

Ustadz Dr. Firanda Andirja memberi nasehat : Untuk apa engkau ujub dan bangga dengan pujian manusia. Apakah pujian tersebut akan merubah hakekatmu ?. Sedikitpun tidak akan mengangkat derajatmu di sisi Allah….jika memang engkau rendah di sisi Allah.

Carilah keridhaan Allah…jangan pernah mencari keridhaan manusia… Bagaimanapun engkau dipuji orang pasti ada orang lain yang mencelamu….sebagaimana bagaimanapun engkau dicela pasti ada saja yang  memujimu (https://firanda.com).

Ketahuilah bahwa ketika engkau mendapat pujian, berlaku bijaklah, diantaranya dengan memahami betul bahwa :

Pertama : Seseorang yang dipuji haruslah sungguh sungguh menyadari bahwa orang yang memuji  tidak mengetahui semua keadaan dirinya. Apalagi yang ada didalam hatinya. Orang yang memuji biasanya hanya ibarat melihat photo atau gambaran sesaat  tidak melihat video sebagai gambaran keseluruhan. Jika orang yang memuji mengetahui seluruh keadaan orang yang dipuji tentulah dia tidak akan mau memberi pujian.

Kedua : Bila mau berfikir jernih, maka jujur saja, sungguh kita ini tidak ada apa-apanya. Kita hanya seorang manusia yang berlumur dosa yang sementara ini ditutupi aib-aibnya oleh Allah Ta’ala. Kita hanya manusia lemah dan  bodoh sedikit sekali ilmu.

Kita  tidak tahu banyak tentang kekurangan dan  kebodohan kita. Kita tidak mempunyai apa-apa kecuali yang sekadar dititipkan Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk waktu yang sangat  terbatas dan segera berakhir. Kalau Allah Ta’ala mau mengambilnya, kapan saja, maka kita tidak kemampuan secuilpun untuk menahannya. Lalu dengan keadaan yang demikian pantaskah kita dipuji ataupun mengharapkan pujian ?. 

Ketiga : Apa pun yang kita lakukan dalam beramal, berbuat baik katakanlah bisa mencapai prestasi yang mungkin mengagumkan orang banyak ketahuilah bahwa itu semua adalah karena karunia dan pertolongan Allah Ta’ala semata. Oleh karena itu maka Dzat yang pantas bahkan wajib dipuji hanya Allah Ta’ala saja, bukan yang selain-Nya.

Wallahu A'lam. (3.274)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar