Jumat, 31 Mei 2024

SERINGLAH BERKUNJUNG KE TAMAN TAMAN SURGA DI DUNIA

 

SERINGLAH BERKUNJUNG KE TAMAN TAMAN SURGA DI DUNIA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Tersebab judul ini datang pertanyaan : Apakah memang ada taman surga di dunia ?. Kalau memang ada, dimana tempatnya ?.  Iya memang  benar benar ada. Sungguh Rasulullah Salallahu 'alahi Wasallam  yang menjelaskan dalam sabda beliau :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِي اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوا قَالُوا وَمَا رِيَاضُ الْجَنَّةِ قَالَ حِلَقُ الذِّكْرِ


Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Jika kamu melewati taman-taman surga, maka singgahlah dengan senang. Para sahabat bertanya : Apakah taman-taman surga itu ?. Beliau menjawab : Halaqah halaqah dzikir. (H.R at Tirmidzi dan lainnya. Lihat Silsilah al Ahadits ash Shahihah).

Atha’ bin Rabbah berkata : Majelis dzikir adalah majelis (majelis ilmu, yang dipelajari padanya) tentang halal dan haram, bagaimana harus membeli, menjual, berpuasa, mengerjakan shalat, menikah, bercerai, melakukan haji dan yang sepertinya (Al Khatib al Baghdhadi).

Imam al Manawi mengatakan bahwa Hujjatul Islam (Imam al Ghazali, peny.) berkata: Yang dimaksud dengan majelis dzikir adalah, tadabbur Al Quran, mempelajari agama, dan menghitung-hitung nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. (Lihat Faidul Qadir).

Berkenaan dengan perkara ini, Imam Ibnul Qayyim menjelaskan : Sesungguhnya dzikir di antara amal memiliki kelezatan yang tidak bisa diserupai oleh sesuatupun. Seandaikan tidak ada balasan pahala bagi hamba kecuali kelezatan dan kenikmatan hati yang dirasakan oleh orang yang berdziki, maka hal itu sudah mencukupi, oleh karena itu majelis-majelis  (dzikir majlis ilmu) dinamakan taman-taman surga. (Al Wabilush Shayyib).

Selain itu, ketahuilah bahwa diantara keutamaan hadir di  majelis dzikir atau majelis ilmu adalah DIMUDAHKAN JALAN MENUJU SURGA. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam menjelaskan dalam sabda beliau :

 وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Dan barangsiapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga. (H.R Imam Muslim).

Imam Ibnu Rajab al Hambali menjelaskan bahwa Allah Ta'ala memudahkan jalannya menuju surga   memiliki dua makna  yaitu :

Pertama : Allah akan memudahkan memasuki surga bagi orang yang menuntut ilmu dengan tujuan mencari wajah Allah yaitu dengan mengambil manfaat dari ilmunya dan mengamalkan sebagai buah dari ilmunya. 

Kedua : Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga pada hari Kiamat ketika melewati sirath dan dimudahkan dari berbagai  ketakutan yang ada sebelum dan sesudahnya.Wallahu a’lam. (Jami’ul Ulum wal Hikam).

Wallahu A'lam. (3.287).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar