Senin, 13 Mei 2024

AGAR BISA PUASA SUNNAH SECARA KONTINYU

 

AGAR BISA PUASA SUNNAH SECARA KONTINYU

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sangat banyak saudara kita yang ingin melakukan puasa sunah dengan terus menerus dan langgeng. Tetapi ada juga yang tidak berhasil melakukannya karena berbagai sebab.

Ketahuilah bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar SENANTIASA BISA MELAKUKAN PUASA SUNNAH, Diantaranya adalah :

Pertama : Ber-azzam atau berniat yang sungguh sungguh MENTAATI PERINTAH Allah dan Rasul-Nya termasuk melaksanakan puasa sunnah. Jika seorang hamba bersungguh sungguh taat kepada Allah Ta’ala maka mereka akan bersama sama dengan orang orang yang diberi nikmat. yaitu sebagaimana firman-Nya : 

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَٰئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ ۚ وَحَسُنَ أُولَٰئِكَ رَفِيقًا

Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) maka mereka itu akan bersama sama dengan orang yang diberi nikmat oleh Allah (yaitu) para Nabi, para pencinta kebenaran, orang orang yang mati syahid dan orang orang yang shalih. Mereka itulah teman yang sebaik baiknya. (Q.S an Nisa’ 69).

Diantara nikmat yang Allah Ta’ala berikan kepada hamba hamba-Nya adalah merasa TAK BERAT DALAM BERIBADAH TERMASUK MELAKSANAKAN PUASA SUNNAH.

Sungguh Allah Ta’ala telah mengabarkan bahwa orang yang taat akan mendapat kemenangan sebagaimana firman-Nya : 

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَخْشَ اللَّهَ وَيَتَّقْهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَائِزُونَ

Dan barang siapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya serta takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya mereka itulah ORANG ORANG YANG MENDAPAT KEMENANGAN. (Q.S an Nuur 52).

Ketahuilah bahwa melaksanakan puasa sunnah disamping puasa wajib adalah bagian dari KETAATAN KEPADA ALLAH DAN RASUL-NYA sehingga orang orang beriman SUNGGUH MERASA RUGI jika tak mengamalkan sesuai kemampuannya.

Kedua : Diantara cara agar orang orang beriman senantiasa melaksanakan puasa sunnah adalah DENGAN BELAJAR ILMU. Ketika ilmu telah ada pada dirinya termasuk ilmu tentang keutamaan dan kebaikan kebaikan dalam melaksanakan puasa sunnah maka akan menjadi ringan baginya untuk mengamalkan ibadah yang di sunahkan ini. Ilmu tentang keutamaan puasa sunnah yang sudah diketahui tentulah AKAN MEMBERI MOTIVASI KUAT untuk mengamalkannya.

Ketiga : Bagi sebagian orang, mengamalkan puasa sunnah terasa berat karena tak terbiasa. Oleh karena itu pada tahap tahap awal haruslah memaksa diri untuk melakukan berbagai ketaatan. Ketika suatu ketaatan telah TERBIASA DIAMALKAN maka semua menjadi TAK TERASA BERAT insya Allah.

Melaksanakan puasa sunnah mungkin bagi sebagian orang  terasa berat karena harus menahan makan dan minum selama lebih kurang 14 jam. Tetapi bagi orang orang yang sudah terbiasa insya Allah tak berat. 

Kesimpulannya adalah ketika seseorang : (1) Berazzam  sungguh sungguh serta ikhlas untuk mentaati apa yang disyariat. (2) Memiliki ilmu yang cukup tentang keutamaan melaksanakan amal amal shalih yang diperintahkan, dan (3) Membiasakan diri bahkan pada tahap awal MEMAKSA DIRI untuk melakukan ketaatan secara istiqamah, maka akhirnya tak berat untuk melakukan ibadah yang manapun  termasuk MENGAMALKAN PUASA PUASA SUNNAH.

Oleh karena itu mari kita pasang niat yang kuat, kita pelajari ilmunya dan kita biasakan mengamalkan ibadah  di syariatkan maka ibadah wajib dan ibadah sunnah bisa kita lakukan dengan tidak terasa berat dan kontinyu.

Sebagai penutup tulisan ini dinukil satu hadits dari Aisyah radhiyallahu ’anha, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda :

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinyu (terus  menerus dilakukan) walaupun itu sedikit. (H.R Imam Muslim).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (3.282)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar