Kamis, 28 Maret 2024

SAHABAT RASULULLAH ADALAH MANUSIA TERBAIK

 

SAHABAT RASULULLAH ADALAH MANUSIA TERBAIK

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Siapakah yang disebut sahabat Rasulullah. Banyak penjelasan ulama tentang hal ini.  Salah satu penjelasan, batasan atau definisi yang bagus adalah sebagaimana dikatakan al Hafizh Ibnu Hajar Ashqalani  : Sahabat adalah orang yang  bertemu dengan Nabi Salallahu ‘alaihi wasallam, beriman kepadanya dan wafat dalam keadaan Islam. (al Ishabah fi Tamyiz as Shahabah).

Para sahabat adalah umat terpilih. Allah Ta'ala menjelaskan perkara ini dalam firman-Nya   

قُلِ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ وَسَلَٰمٌ عَلَىٰ عِبَادِهِ ٱلَّذِينَ ٱصْطَفَىٰٓ ۗ ءَآللَّهُ خَيْرٌ أَمَّا يُشْرِكُونَ

Katakanlah, segala puji bagi Allah dan kesejahteraan atas hamba hambaNya yang dipilihNya.. (Q.S an Naml 59). 

Tentang ayat ini dijelaskan dalam Tafsir ath Thabari : (1) Ibnu Abbas berkata : Para sahabat Nabi Muhammad Salallahu ‘alaihi wasallam adalah hamba hamba pilihan Allah untuk Nabi-Nya. (2) Firman Allah : Hamba hambaNya yang dipilih-Nya yaitu hamba hamba pilihan untuk Nabi-Nya Muhammad. Allah menjadikan mereka sebagai pendamping dan pembela Nabi untuk mengemban agama yang diutus.

Para sahabat adalah generasi yang pertama tama beriman, mengamalkan dan mendakwahkan risalah Rasulullah. Mereka melakukannya dengan penuh keikhlasan, sungguh sungguh, penuh kesabaran dan pengorbanan yang sangat besar pada diri dan hartanya. 

Allah Ta'ala menjelaskan tentang keutamaan para sahabat yaitu Muhajirin dan Anshar diantaranya adalah orang orang yang mendapat ridha Allah sebagaimana firman-Nya :

وَٱلسَّٰبِقُونَ ٱلْأَوَّلُونَ مِنَ ٱلْمُهَٰجِرِينَ وَٱلْأَنصَارِ وَٱلَّذِينَ ٱتَّبَعُوهُم بِإِحْسَٰنٍ رَّضِىَ ٱللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا۟ عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى تَحْتَهَا ٱلْأَنْهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَآ أَبَدًا ۚ ذَٰلِكَ ٱلْفَوْزُ ٱلْعَظِيمُ

Dan orang orang yang terdahulu lagi yang pertama tama (masuk Islam) di antara orang orang Muhajirin dan Anshar dan orang orang YANG MENGIKUTI MEREKA DENGAN BAIK, ALLAH RIDHA kepada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah.

Allah menyediakan bagi mereka surga surga yang mengalir di bawahnya sungai sungai sungai sungai. Mereka kekal di dalamnya selama lamanya. Itulah kemenangan yang agung. (Q.S at Taubah 100).

Sungguh Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam telah menetapkan bahwa para sahabat adalah GENERASI TERBAIK DARI UMAT INI. Beliau menjelaskan :  

خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ

Manusia yang paling baik adalah generasi zamanku kemudian generasi yang sesudahnya kemudian generasi yang sesudahnya. (H.R Imam Bukhari).

Sebagai generasi terbaik, maka wajiblah bagi  kita yang termasuk generasi berikutnya  untuk meniru dan mengikuti jejak mereka baik dalam aqidah, ibadah, akhlak dan muamalahnya.

Wallahu A'lam. (3.268).

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar